PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOTTLE SHOOT PADA PERMAINAN BOLA BESAR UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SAMPANG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN 2016


SANIATUN FEBRIANI , 6101412203 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOTTLE SHOOT PADA PERMAINAN BOLA BESAR UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SAMPANG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412203.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi pelajaran futsal sebagai pembelajaran bola besar dilingkup SMP diwilayah Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap sebenarnya sudah diajarkan sesuai pada kompetensi dasar. Namun yang diajarkan seputar pengenalan teknik dasar saja, tidak pernah diselingi dengan sistem permainan atau memperkenalkan materi bola besar menjadi kesenangan siswa. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di sekolah mengenai pembelajaran permainan bola besar khususnya futsal belum pernah dilakukan bentuk modifikasi atau melakukan inovasi terhadap permainan futsal. Metode yang digunakan dalam penelitian R and D adalah penelitian pengembangan produk. Penelitian ini menggunakan 10 tahapan, yaitu terdiri atas 1. analisis kebutuhan yang terdiri dari observasi, wawancara dan tinjauan pustaka 2. Pembuatan produk permainan Bottle Shoot 3. Validasi produk oleh tenaga ahli 4. Uji coba satu terdiri dari uji coba prapenelitian dan uji coba kelompok kecil 5. Revisi satu 6. Uji coba dua 7. Revisi Uji Coba dua 8. Produksi asal pada tiga sekolah 9. Tinjauan Ahli 10. Produk akhir permainan Bottle Shoot. Data yang diperoleh dari uji coba produk permainan Bottle Shoot berupa evaluasi kuesioner ahli dan lembar kuesioner siswa berupa aspek kognitif serta bentuk pengamatan untuk aspek penilaian aspek afektif dan psikomotorik. Perolehan hasil akhir yang diperoleh pada uji coba satu oleh ahli penjas dan ahli pembelajaran adalah 81% dan 92%. Diperkuat dengan hasil kuesioner dari siswa yaitu psikomotor 83%, afektif 91,7%, dan kognitif 89,5%. Hasil uji coba dua dari ketiga sekolah mendapatkan rata-rata prosentase yaitu pada aspek kognitif 91,7%, afektif 87,4%, dan psikomotorik 77,5%. Rata-rata keseluruhan dari ketiga sekolah mendapatkan 85,5%. Berdasarkan perolehan prosentase penelitian yang sudah dilaksanakan sebahai hasil uji coba produk dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan Bottle Shoot dapat digunakan sebagai pembelajaran permainan bola besar pada futsal bagi siswa SMP diKecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Diharapkan permainan ini dapat membantu guru dalam penyampaian materi permainan futsal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bola Besar, Permainan Bottle Shoot
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 20:11
Last Modified: 31 Oct 2017 20:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27025

Actions (login required)

View Item View Item