PENGEMBANGAN PERALATAN PEMBELAJARAN ATLETIK (LEMPAR LEMBING) PADA SISWA SMP KELAS VIII DI KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2016


Vikta Sonanda , 6101412197 (2016) PENGEMBANGAN PERALATAN PEMBELAJARAN ATLETIK (LEMPAR LEMBING) PADA SISWA SMP KELAS VIII DI KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412197.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 2 Ngadirejo dan SMP Islam Ngadirejo khususnya pada materi lempar lembing belum bisa terlaksana sebagaimana mestinya. Dengan terbatasnya prasarana yang tersedia disekolah sebagai salah satu penyebab pembelajaran atletik lempar lembing belum berjalan secara maksimal. Hal ini dapat disebabkan karena jumlah alat lempar lembing yang sedikit dan sebagian alat lempar lembing sudah rusak, dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penelitian produk modifikasi alat lempar lembing dengan media kayu untuk pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas VIII SMP Di Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah meghasilkan produk pengembangan peralatan pembelajaran atletik (lempar lembing) pada siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan yang mengacu dari Borg & Gall memiliki tahapan sebagai berikut: (1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi sarana dan prasarana dan kajian pustaka, (2) Mengembangkan bentuk produk awal (berupa produk lempar lembing), (3) Uji validitas ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah petama, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisa, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (10 Siswa). Revisi ini digunakan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (65 siswa). (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan uji coba lapangan, (7) hasil akhir modifikasi alat lempar lembing pada siswa kelas VIII SMP yang dihasikjan melalui revisi uji coba lapangan. Berdasarkan dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 87% (baik). Hasil rata-rata penilaian siswa pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 76% (baik). Dari hasil rata-rata validitas ahli pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 91% (sangat baik). Hasil rata-rata penilaian siswa pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 90.2% (sangat baik). Dengan menggunakan beberapa aspek di antaranya ketepatan memilih modifikasi produk lembing. Modifikasi produk lembing aman digunakan, Modifikasi lembing bernilai ekonomis. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengembangan peralatan pembelajaran atletik (lempar lembing) pada siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggun Tahun 2016, modifikasi lembing dengan menggunakan kayu ini dapat digunakan sebagai lembing alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran lempar lembing pada siswa kelas VIIISMP Di Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun 2016.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembing, Modifikasi, Media
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 20:05
Last Modified: 31 Oct 2017 20:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27023

Actions (login required)

View Item View Item