PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN LAROMPAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SMPLB-B (TUNARUNGU) DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016


Musyarofatul Hadiyatullah , 6101412126 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN LAROMPAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SMPLB-B (TUNARUNGU) DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412126.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah tidak adanya guru pendidikan jasmani sehingga Kurikulum Pendidikan Jasmani di SLB Negeri Ungaran tidak terlaksana dan pembelajaran pendidikan jasmani yang diberikan adalah senam bersama pada setiap Jumat yang dipandu oleh guru mata pelajaran. Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana produk pengembangan model permainan Larompar dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa SMPLB-B (Tunarungu) di Kabupaten Semarang Tahun 2016?. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk pengembangan model permainan Larompar dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa SMPLB-B (Tunarungu) di Kabupaten Semarang Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan produk awal, (3) validasi ahli, (4) uji coba produk awal, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi produk, (8) uji kelompok besar. Populasi penelitian adalah siswa SMPLB-B SLB Negeri Ungaran dan SLB Dharma Bhakti. Uji kelompok kecil 6 siswa dan uji kelompok besar mengunakan 22 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif berbentuk persentase dari hasil evaluasi ahli. Hasil penelitian uji kelompok kecil yaitu evaluasi dari ahli pembelajaran 76% (baik) dan ahli pendidikan jasmani adaptif adaptif 85,3% (baik). Penilaian aspek kognitif diperoleh hasil 84,6 % (baik), aspek afektif 91,6% (sangat baik), dan aspek psikomotor 83,3% (baik). Sedangkan hasil penelitian uji kelompok besar yaitu evaluasi ahli pembelajaran pertama 76% (baik), evaluasi ahli pembelajaran kedua 77,3% (baik), dan ahli pendidikan jasmani adaptif 85,3% (baik). Hasil penilaian aspek kognitif di SLB Negeri Ungaran diperoleh 62% (cukup baik), di SLB Dharma Bhakti 82,5% (baik). Penilaian afektif di SLB Negeri Ungaran diperoleh 88,5% (baik), di SLB Dharma Bhakti diperoleh 88,5% (baik). Penilaian psikomotor di SLB Negeri Ungaran diperoleh 83,9% (baik) dan di SLB Dharma Bhakti diperoleh 84,5% (baik). Berdasarkan hasil penilaian uji coba I dan uji coba II, disimpulkan bahwa permainan larompar layak untuk digunakan sebagai produk pengembangan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa SMPLB-B (Tunarungu) di Kabupaten Semarang Tahun 2016. Saran kepada dinas pendidikan, menempatkan guru mata pelajaran pendidikan jasmani di SLB Negeri Ungaran, mengingat pentingnya akan pendidikan jasmani bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permainan Larompar, anak tunarungu, atletik
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 19:49
Last Modified: 31 Oct 2017 19:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27018

Actions (login required)

View Item View Item