PENGARUH PERMAINAN OUTBOUND MYSTIQUE BALL TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2016


Vivi Septiana Parista , 6101412123 (2016) PENGARUH PERMAINAN OUTBOUND MYSTIQUE BALL TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412123.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah fenomena perkembangan teknologi yang memberikan pengaruh terhadap kebiasaan dan aktivitas siswa. Fenomena yang terjadi di SMP Negeri 1 Kesesi adalah sebagian besar siswa berangkat ke sekolah menggunakan sepeda motor serta kebiasaan bermain gadget yang membuat siswa menjadi kurang gerak atau tuna gerak. Hasil observasi dengan melakukan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan diperoleh data ratarata siswa dalam Klasifikasi Kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh permainan outbound mystique ball terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun 2016?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun 2016 setelah diberikan treatment berupa permainan outbound mystique ball. Jenis penelitian ini adalah eksperimen lapangan menggunakan desain praeksperimen dengan rancangan one shot case study. Populasi siswa kelas VIII yang terdiri 7 kelas dengan jumlah 254 siswa. Sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau undian dan sampelnya kelas VIII E yang berjumlah 36 siswa sebagai sampel penelitian. Variabel bebasnya permainan outbound mystique ball dan variabel terikatnya adalah kebugaran jasmani. Instrumen penelitian menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak umur 13-15 tahun. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif prosentase. Hasil penelitian terdapat 6 siswa (16,67 %) termasuk Klasifikasi Baik, 16 siswa (44,43 %) termasuk Klasifikasi Sedang, 10 siswa (27,77 %) termasuk Klasifikasi Kurang, 4 siswa (11,11 %) termasuk Klasifikasi Kurang Sekali. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun 2016 dalam Klasifikasi Sedang setelah diberikan treatment berupa permainan outbound mystique ball selama 12 kali pertemuan. Saran yang diberikan adalah permainan outbound mystique ball merupakan salah satu alternatif sebagai latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani bagi siswa SMP Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun 2016 serta intensitas latihan perlu ditingkatkan jika akan melakukan penelitian menggunakan permainan outbound mystique ball sebagai program latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Permainan Outbound Mystique Ball, Kebugaran Jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 19:46
Last Modified: 31 Oct 2017 19:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27017

Actions (login required)

View Item View Item