PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TERPADU SCRAMBLE DAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG


HILMAN JADID NIM , 1401411231 (2016) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TERPADU SCRAMBLE DAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS IV SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411231.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (649kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, kreatif menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi aktif, bertanggung jawab, bertindak cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti korupsi. Berdasarkan hasil observasi peneliti di kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang menunjukkan bahwa siswa belum aktif saat kegiatan pembelajaran dan diskusi kelompok, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran terutama media pembelajaran berbasis ICT. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran PKn di kelas IV berupa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa belum optimal. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model terpadu Scramble dan Snowball Throwing dengan media PowerPoint untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn siswa kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Kota Semarang?”. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dengan satu kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus dalam tindakan kelas ini meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gajahmungkur 02. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 28 (baik), siklus II memperoleh skor 32 (sangat baik), dan siklus III memperoleh skor 34 (sangat baik). (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 21,43 (baik), siklus II 22,9 (sangat baik), dan siklus III 24,3 (sangat baik). (3) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 60,45 (ketuntasan klasikal 54,54%), siklus II memperoleh rata-rata nilai 62,5 (ketuntasan klasikal 66,66%), dan siklus III memperoleh rata-rata nilai 72,87 (ketuntasan klasikal 91,66%). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model terpadu Scramble dan Snowball Throwing dengan media PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Saran bagi guru adalah model terpadu Scramble dan Snowball Throwing dengan media PowerPoint dapat dijadikan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas; Scramble; Snowball Throwing; PowerPoint
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 18:56
Last Modified: 31 Oct 2017 18:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27011

Actions (login required)

View Item View Item