KEEFEKTIFAN MEDIA KIT IPA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PRIGI KABUPATEN BANJARNEGARA


Tri Retno Asih , 1401411104 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA KIT IPA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PRIGI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411104.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (687kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang bersifat eksak dan mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi di alam semesta dengan ilmu pasti. Pembelajaran IPA di SD pada umumnya belum menggunakan media pembelajaran yang bersifat praktikum secara langsung sehingga siswa cenderung monoton dalam pembelajarannya, maka diperlukan suatu media pengajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan bisa membuat proses pembelajaran lebih variatif. Salah satu media yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar adalah penggunaan media KIT IPA. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Prigi Kabupaten Banjarnegara tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 22 di kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, analisis dokumen, dan tes. Kemudian, instrumen penelitian yang digunakan berupa dokumentasi, pedoman wawancara, lembar observasi, dan soal tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17. Berdasarkan hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan independent samples t test diperoleh data dengan nilai 2,486 > 2,021 atau dengan kata lain thitung > ttabel. Nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,017 atau < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media KIT IPA dan yang menggunakan media gambar dan benda konkret. Berdasarkan hasil pengujian keefektifan media menggunakan one sample t test, diperoleh presentase aktivitas menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (8,879 > 2,021) dan signifikannya 0,000 < 0,05. Kemudian diperoleh nilai dari hasil belajar siswa dengan hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,578 > 2,021) dan signifikannya 0,002 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media KIT IPA efektif dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, keefektifan, media KIT IPA, pesawat sederhana.
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 18:53
Last Modified: 31 Oct 2017 18:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27010

Actions (login required)

View Item View Item