PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY DAN BERDASARKAN TEORI BRUNER DI KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 01 SEMARANG


ELSA PRADANI APRILIA , 1401411051 (2016) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY DAN BERDASARKAN TEORI BRUNER DI KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi awal bersama kolaborator melalui data observasi, data hasil belajar, wawancara, dan catatan lapangan bahwa pembelajaran matematika di kelas IV masih belum optimal. Kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru yang lebih sering menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi, sehingga siswa hanya mendengarkan penjelasan guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan belum merasa terlibat dan termotivasi dalam belajar. Belum adanya kegiatan menggabungkan pengetahuan baru dan pengetahuan yang sudah ada, sehingga pengetahuan yang diterima oleh siswa cenderung tidak bertahan lama karena siswa hanya menerima konsep langsung dari guru, bukan menemukan konsep itu sendiri. Dalam penyampaian materi, guru juga belum memperlihatkan penerapan dari suatu teori belajar. Materi yang disampaikan langsung berupa simbol-simbol. Siswa belum diberi kesempatan untuk memanipulasi benda konkret sebagai media penyampaian materi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang belangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pudakpayung 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 30 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi 35,5 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 16,1 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 23,3 dengan kategori baik (3) Kualitas materi pembelajaran siklus I memperoleh skor rata-rata 7,5 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi 8 dengan kategori sangat baik. (4) Kualitas media pembelajaran siklus I memperoleh skor rata-rata 7 dengan kategori sangat baik , meningkat pada siklus II menjadi 8 kategori sangat baik. (5) Iklim pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 6,5 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi 7 dengan kategori sangat baik. (6) Hasil belajar pada ranah kognitif siklus I mencapai ketuntasan klasikal akhir pada pertemuan II sebesar 64,10% dan meningkat siklus II pertemuan II menjadi 84,62%. Sedangkan hasil ranah afektif siswa pada siklus I memperoleh skor modus 2 dengan kategori terlihat dan siklus II memperoleh skor modus 3 dengan kategori mulai berkembang. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui metode Discovery dan berdasarkan Teori Bruner dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas IV SDN Pudakpayung 01 Semarang. Peningkatan kualitas pembelajaran tersebut meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, kualitas materi pembelajaran, kualitas media pembelajaran, iklim pembelajaran, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Saran untuk peneliti selanjutnya dalam menerapkan metode Discovery dan Teori Bruner dapat pada materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran Matematika; Metode Discovery; Teori Bruner
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 18:41
Last Modified: 31 Oct 2017 18:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27005

Actions (login required)

View Item View Item