PENGUASAAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SMASH PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMP N 1 SELOMERTO (Survei Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Smash Voli Dilihat Dari Status Kebugaran Jasmani Dan Kemampuan Motorik)


Ardian Wicaksono , 6101412047 (2016) PENGUASAAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SMASH PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMP N 1 SELOMERTO (Survei Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Smash Voli Dilihat Dari Status Kebugaran Jasmani Dan Kemampuan Motorik). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah dalam pembinaan prestasi pada cabang olahraga bola voli ada dua faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi bola voli SMP N 1 Selomerto. Kedua faktor ini adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya berupa kebugaran jasmani dan kemampuan motorik sedangkan faktor eksternalnya yaitu lingkungan, metode latihan, dan sarana prasarana. Pada proses penguasaan kemampuan teknik dasar smash setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada yang menunjukkan potensi baik dan ada yang kesulitan dalam melakukan teknik dasar smash bola voli. Kenyataan ini membuktikan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu kebugaran jasmani dan kemampuan motorik masingmasing siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penguasaan kemampuan teknik dasar smash bola voli dilihat dari status kebugaran jasmani dan kemampuan motorik peserta ekstrakurikuler SMP N 1 Selomerto tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penguasaan kemampuan teknik dasar smash bola voli dilihat dari status kebugaran jasmani dan kemampuan motorik peserta ekstrakurikuler SMP N 1 Selomerto tahun 2016. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bola voli SMP N 1 Selomerto. Sampel dari penelitian ini berjumlah 30 siswa atau disebut juga penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase. Hasil dari penelitian ini adalah penguasaan kemampuan teknik dasar smash peserta ekstrakurikuler SMP N 1 Selomerto dilihat dari status kebugaran jasmani dan kemampuan motorik masuk dalam kategori sedang sebesar 53,33% , masuk dalam kategori baik sebesar 33,33%, dan masuk dalam kategori kurang 13,33%. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar peserta ekstrakurikuler bola voli SMP N 1 Selomerto memiliki penguasaan kemampuan teknik dasar smash dilihat dari status kebugaran jasmani dan kemampuan motorik dalam kategori sedang. Dalam hal ini faktor internal kebugaran jasmani dan kemampuan motorik sangat berpengaruh. Oleh karena itu saran: 1) Bagi siswa diharapkan agar siswa rutin untuk melakukan kegiatan aktifitas fisik yang mengandung unsur daya ledak otot dan power untuk menjaga kondisi fisik tubuh agar tetap bugar dan prima. Dan agar kemampuan smashnya meningkat. iii 2) Dalam memberikan latihan teknik dasar seorang guru penjas harus memperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal dalam proses pembinaan yaitu berupa kemampuan motorik, kebugaran jasmani, tipe tubuh, usia, dan metode latihan agar prestasi tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Teknik Dasar Smash, Kebugaran Jasmani, Kemampuan Motorik
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 18:35
Last Modified: 31 Oct 2017 18:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27004

Actions (login required)

View Item View Item