PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBALAS PANTUN DENGAN METODE IOC BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN BRINGIN 02 SEMARANG


ANIS SETIAWATI , 1401411009 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBALAS PANTUN DENGAN METODE IOC BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN BRINGIN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (570kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas IV SDN Bringin 02 Semarang ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan berbalas pantun. Guru belum menerapkan metode dan media pembelajaran pada aspek keterampilan berbalas pantun yang sesuai dengan kondisi siswa yang belum bisa berbalas pantun dan belum terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran keterampilan berbalas pantun dengan metode IOC berbantu media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang? Bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang dalam mengikuti pembelajaran berbalas pantun menggunakan metode IOC berbantu media audiovisual? Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbalas pantun pada siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode IOC berbantu media audiovisual? Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, perubahan perilaku siswa, dan keterampilan berbalas pantun dengan metode IOC berbantu media audiovisual pada siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode IOC dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri atas satu pertemuan. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I memperoleh skor 29 kriteria baik, dan siklus II skor meningkat menjadi 36 kriteria sangat baik; (2) perubahan perilaku siswa siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata 26,73 kriteria baik dan siklus II jumlah skor rata-rata meningkat menjadi 33,75 kriteria sangat baik. (3) keterampilan berbalas pantun siswa siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 51,17% dengan kriteria cukup baik dan keterampilan berbalas pantun siswa siklus II sebesar 76,64% dengan kriteria baik. Simpulan penelitian ini adalah metode IOC berbantu media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, perubahan perilaku, dan keterampilan berbalas pantun siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan karakteristik siswa dan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbalas pantun, IOC, audiovisual, SD
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 18:02
Last Modified: 31 Oct 2017 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27002

Actions (login required)

View Item View Item