PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN ANAK MELALUI THINK TALK WRITE BERBANTUAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02


LUTFI KHOIRUN NAJIB , 1401410347 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN ANAK MELALUI THINK TALK WRITE BERBANTUAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410347.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (758kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 belum optimal. Hal ini ditunjukkan dari: (1) keterampilan guru rendah; (2) aktivitas siswa rendah; (3) siswa belum mampu mengungkapkan informasi dan mengembangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Hal ini berdampak pada rendahnya nilai bahasa Indonesia semester II tahun ajaran 2013/ 2014, dengan persentase ketuntasan belajar siswahanya 20% dengan rata-rata kelas 58.Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan metode think talk writeberbantuan flash card dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis pantun anak kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang menggunakan metode think talk write berbantuan media flash card. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang melalui penerapan metode think talk write berbantuan media flash card. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gunungpati 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Penerapan metode think talk write berbantuan media flash card meningkatkan keterampilan menulis pantun anak siswa kelas IV SDN Gunungpati 02. Terbukti dengan peningkatan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 22, siklus II memperoleh skor 29, dan siklus III memperoleh skor 37. Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 26 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 27,65 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh rata-rata jumlah skor setiap anak 31,34 dengan kriteria sangat baik. Keterampilan menulis siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 68,9, siklus II memperoleh rerata skor 76,3 dan siklus III memperoleh rata-rata skor 80,6 dengan kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal nilai hasil keterampilan menulis pantun anak pada siklus I mencapai 65%, siklus II mencapai 74% dan siklus III mencapai 91,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui metode think talk write berbantuan media flash card dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis pantun anak siswa kelas IV SDN Gunungpati 02. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru merencanakan dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, pantun anak, think talk write, flash card
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 17:57
Last Modified: 31 Oct 2017 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27001

Actions (login required)

View Item View Item