PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA INGGIL MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG


HILYATIFA DAFINA PUTRI , 1401410165 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA INGGIL MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410165.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran yang ditemukan pada keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil siswa. Tingkat keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil siswa kelas V SDN Karanganyar 02 masih rendah. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan belum menggunakan media dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran berbicara masih kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama inggil melalui Quantum Learnin dengan media ular tangga. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil, keterampilan guru dan aktivitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil, mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil, mendeskripsikan keterampilan guru, dan mendeskripsikan aktivitas siswa melalui Model Quantum Learning dengan media ular tangga. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Karanganyar 02 Semarang. Subjek penelitian ini adalah guru dan 39 siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: (1) keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama inggil siklus I dengan presentase 46,65% (tidak tuntas), siklus II 61,25% (tidak tuntas), dan siklus III 82,2% (tuntas); (2) keterampilan guru dengan siklus 1 mendapat skor 12 (cukup), siklus II 17 (cukup) dan siklus III 24 (sangat baik); (3) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 14,27 (cukup), II 14,79 (cukup), dan III 23,54 (sangat baik). Simpulan penelitian ini menunjukkan Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa ragam krama inggil, keterampilan guru, dan aktivitas siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jawa; Berbicara; Keterampilan; Quantum Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 17:32
Last Modified: 31 Oct 2017 17:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27000

Actions (login required)

View Item View Item