PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR DENGAN MEDIA FILM TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN KARIR KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 SEMARANG


Yuniar Prastiyo Aji , 1301412102 (2016) PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR DENGAN MEDIA FILM TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN KARIR KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412102.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (434kB) | Preview

Abstract

Pemahaman Mengambil keputusan karir Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan sebuah fenomena yang ditemukan oleh peneliti pada siswa kelas VIII SMP N 22 Semarang yaitu kurang pahamnya siswa tentang mengambil keputusan karir yang ditemukan pada instrumen DCM yaitu cita-cita gampang goyah dan sukar menetapkan pilihan SLTA dan Perguruan tinggi. Masalah tersebut teramat penting bagi siswa dikarenakan hal ini berguna untuk masa depan siswa kelak, sehingga peneliti mencoba membantu siswa untuk memahami dalam mengambil keputusan karir dengan cara diberikan treatmen layanan informasi karir dengan media film. Menggunakan media film dikarenakan layanan informasi biasa tanpa media tidak bisa menarik perhatian siswa yang cenderung masih memiliki pemikiran labil seperti yang dilakukan guru BK sebelumnya, oleh karena itu menggunakan media film selain untuk menarik perhatian siswa juga untuk memberikan sebuah gambaran langsung supaya siswa lebih paham dengan materi apa yang diberikan peneliti. Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi karir dengan media film. Dari hasil penelitian setelah dianalisis kuantitatif, menunjukkan bahwa hasil pre-test dan post-test yaitu sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi karir dengan menggunakan media film membuktikan adanya sebuah peningkatan sebanyak 22,56% yang berawal yaitu rata-rata siswa memiliki pemahaman 52,13% tergolong dalam kategori rendah menjadi 74,69% yang tergolong dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji t-test dengan menggunakan taraf signifikansi 5% hasil analisis uji beda Dari hasil tersebut dibuktikan juga melalui uji t-test dapat diketahui bahwa perbedaan pemahaman layanan informasi karir dengan media film diperoleh nilai t hitung = 34,17 dan t tabel = 2,042, jadi nilai t hitung> t tabel, karena t hitung lebih besar dari ttabel , maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi karir dengan media film dapat memberikan pengaruh terhadap pemahaman siswa dalam mengambil keputusan karir siswa kelas VIII C SMP N 22 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi Karir, Media Film,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 14:40
Last Modified: 31 Oct 2017 14:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26995

Actions (login required)

View Item View Item