PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA PENGGUNA SOSIAL MEDIA DI SMP N 2 SEMARANG


Sus Kurniawan , 1301412100 (2016) PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA PENGGUNA SOSIAL MEDIA DI SMP N 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412100.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (671kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 2 Semarang yang menunjukkan terdapat siswa yang memiliki kontrol diri pengguna sosial media rendah. Melalui pemberian konseling individu dengan teknik self management diharapkan kontrol diri siswa pengguna sosial media meningkat. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konseling dengan teknik self management untuk meningkatkan kontrol diri siswa pengguna sosial media. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design one group pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dengan jumlah 5 siswa yang memiliki kategori kontrol diri pengguna sosial media rendah. Metode pengumpulan data menggunakan skala kontrol diri dan wawancara dengan koefisien alpha cronbach reliabilitas skala kontrol diri 0,837. Validitas instrumen penelitian ini menggunakan validitas konstrak dan validitas isi. Pretest dan posttest menggunakan skala kontrol diri. Hasil riset ditemukan bahwa kontrol diri siswa pengguna sosial media sebelum diberikan perlakuan masuk dalam kategori rendah. Setelah diberikan perlakuan masuk dalam kategori sedang. Hasil hipotesis menggunakan wilcoxon tes Signed-Rank dimana, nilai Zhitung ≥ Ztabel, memperoleh hasil -2,023 ≥ 0,042, p=0,05. Dengan kata lain teknik self management berpengaruh untuk meningkatkan kontrol diri siswa pengguna sosial media. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) untuk peneliti selanjutnya, dalam melaksanakan teknik Self Management, agar konseli dapat terkontrol dalam melaksanakan tahap monitoring diri (Self monitoring) perlu diberikan lembar monitoring diri yang lebih praktis, misalnya lembar tersebut berisi waktu penggunaan sosial media, apa yang diperoleh dari penggunaan sosial media dan tujuan apa yang ingin dicapai di setiap harinya dalam kaitannya untuk meningkatkan kontrol diri dalam bermain sosial media. Kemudian berdasarkan hasil penelitian, aspek Cognitive Control (Kontrol Kognitif) ternyata sangat berpengaruh terhadap kontrol diri siswa pengguna sosial media. Maka peneliti memberi saran kepada peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan pendekatan-pendekatan yang berbasis Kognitif (Cognitive) dengan beberapa teknik yang dapat mengubah cara pandang/pola pikir seseorang dalam kaitannya untuk mengontrol diri dalam bermain sosial media. (2) Untuk guru Bimbingan dan Konseling, diharapkan dapat memberikan layanan klasikal ataupun kelompok dengan tema “tata cara/etika yang baik dalam bermain sosial media” dengan tujuan agar para siswa dapat bermain sosial media dengan baik dan terhindar dari dampak buruk dalam bermain sosial media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri Siswa Pengguna Sosial Media, Teknik Self Management
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 14:36
Last Modified: 31 Oct 2017 14:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26994

Actions (login required)

View Item View Item