STUDI KOMPARATIF TINGKAT PEMAHAMAN GURU BK TENTANG EVALUASI PROGRAM ANTARA LULUSAN SARJANA BK DAN NON BK DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG


Dani Susanta , 1301412095 (2016) STUDI KOMPARATIF TINGKAT PEMAHAMAN GURU BK TENTANG EVALUASI PROGRAM ANTARA LULUSAN SARJANA BK DAN NON BK DI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (842kB) | Preview

Abstract

evaluasi; guru BK; program BK; pemahaman. Evaluasi program bimbingan dan konseling belum sepenuhnya dilaksanakan oleh sebagian besar guru BK di SMKN se-kota Semarang. Terlebih kondisi dilapangan terdapat dua klasifikasi guru BK yaitu lulusan sarjana BK dan non-BK. Hal tersebut diasumsikan bahwa akan adanya perbedaan tingkat pemahaman guru BK antara lulusan sarjana BK dan non-BK. Maka dari itu, peneliti mengkomparasikan tingkat pemahaman guru BK dan non-BK untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat pemahaman yang signifikan antara kedua klasifikasi guru tersebut. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru BK SMKN se-kota Semarang. Sedangkan sampel diambil dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah sebanyak 23 guru BK yang terdiri dari 14 lulusan sarjana BK dan 9 lulusan sarjana non-BK. Metode pengumpulan data dengan tes pemahaman dan observasi sebagai pengungkap data pendukung. Validitas instrumen yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan untuk mengkomparasikan kedua sampel adalah Man Withney UTest. Hasil penelitian menggambarkan tingkat pemahaman guru BK lulusan sarjana BK sebesar 74,75% dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk tingkat pemahaman guru BK lulusan sarjana non-BK sebesar 64,11% dan berada pada kriteria tinggi. Keduanya berada pada kriteria yang sama namun terdapat perbedaan persentase sebesar 8,98%. Dari hasil uji beda menggambarkan adanya perbedaan tingkat pemahaman guru BK lulusan sarjana BK dan non-BK dengan perolehan koefisien hitung sebesar 0,010 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan tingkat pemahaman guru BK antara lulusan sarjana BK dan non-BK tentang evaluasi program bimbingan dan konseling. Saran yang dapat disampaikan kepada guru BK lulusan sarjana non-BK hendaknya lebih berpartisipasi aktif mengikuti seminar, workshop, dan pelatihan yang dapat memperdalam pengetahuan dan pemahaman guru BK yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi; guru BK; program BK; pemahaman.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 14:20
Last Modified: 31 Oct 2017 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26991

Actions (login required)

View Item View Item