SURVEI SIKAP SISWA TERHADAP PENERAPAN NILAI-NILAI OLAHRAGA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 4 BREBES KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Roberto Aminudin , 6101412039 (2016) SURVEI SIKAP SISWA TERHADAP PENERAPAN NILAI-NILAI OLAHRAGA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 4 BREBES KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu berbagai panggung kehidupan telah memberikan bukti kepada bangsa ini tentang hal tersebut, baik dalam skala mikro seperti kekerasan dalam keluarga maupun bersifat makro seperti penyerangan terhadap aliran keagamaan, tawuran antar pelajar, tindakan anarkis mahasiswa dalam berdemo, dan kerusuhan suporter sepakbola. Nilai menjadi rujukan yang sederhana, tetapi menyatakan bahwa nilai adalah suatu rujukan yang dirasakan dan atau dianggap sebagai kriteria yang dinilai secara moral, atau dengan penalaran, atau dengan pertimbangan estetika. Identifikasi masalah tentang sikap siswa terhadap penerapan nilainilai olahraga dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga SMP Negeri 4 Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan nilainilai olahraga pada kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMP N 4 Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) yaitu metode kombinasi antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah sequential explanatory. Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Brebes. Sampel sebanyak 48 siswa dengan pengambilan sampel data secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Kuesioner/angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian, kegiatan ekstrakurikuler olahraga sudah berjalan dengan baik dan terprogram baik dalam materi dan pelaksanaanya. Dari proses kegiatan tersebut menunjukan bahwa data dari penelitian sebagian besar siswa yaitu 33 siswa atau 68,75% mampu menerapkan nilai-nilai olahraga dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga berkategori tinggi, selebihnya 15 siswa atau 31,25% mampu menerapkan nilai-nilai olahraga dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga berkategori sedang. Berdasarkan data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pemahan nilai-nilai olahraga pada kegiatan ekstrakurikuler olahraga berkategori baik. Saran dari peneliti siswa hendaknya senantiasa berusaha untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan olahraga di sekolah untuk mengembangkan berbagai nilai-nilai positif olahraga yang dapat dijadikan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sosialnya baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, Nilai Olahraga, Ekstrakurikuler
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 18:49
Last Modified: 30 Oct 2017 18:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26989

Actions (login required)

View Item View Item