SURVEI KEBERBAKATAN SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DENGAN METODE SPORT SEACRHPADASMP NEGERI DI KECAMATAN PUNGGELAN TAHUN 2016


CATUR MUSTIKA AJI , 6101412038 (2016) SURVEI KEBERBAKATAN SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DENGAN METODE SPORT SEACRHPADASMP NEGERI DI KECAMATAN PUNGGELAN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini siswa belum mengetahui bakat yang dimiliki.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat siswa yang berbakat dalam cabang olahraga bola voli dan berapa besar persentase siswa yang sangat berbakat sampai sangat tidak berbakat. Metode tes sport search sangat efektif dalam pencarian bakat siswa, karena siswa akan mengetahui bakat olahraga sesuai karakteristiknya dan dengan metode ini siswa bisa diarahkan atau diperbaiki sesuai kebutuhunya. Jenis penelitian ini adalah survei tes dengan metode penelitian deskriftif kuantitatif.Populasi dari penelitian ini adalah SMP Negeri yang terdapat di kecamatan Punggelan. Teknik pengambilan sampel dengan carapurposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel penelitian dari siswa ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 1 Punggelan dan SMP Negeri 3 Punggelan. Intsrumen penelitian menggunakan metode sport searchdengan 10 item tes.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran.Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian berdasarankan data yang diperoleh dan sesuai hasil sport search, dengan jumlah testi 53 siswa. Data yang diperoleh dimasukan ke rumus persentase, siswa yang sangat berbakat dalam cabang olahraga bola voli sebanyak 25 siswa atau 47%, berbakat 3 siswa atau 7%, cukup berbakat 1 siswa atau 2%, kurang berbakat 11 siswa atau 20% dan sangat tidak berbakat 13 siswa atau 24%. Analisis siswa dari grade pertama sampai gradelima yaitu menganalisis dari 10 item tes sport search yang telah dilaksanakan. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah terdapat siswa yang berbakat dalam cabang olahraga bola voli sebanyak 25 siswa, berbakat 3 siswa, cukup berbakat 1 siswa, kurang berbakat 11 siswa dan 13 siswa masuk dalam kriteria sangat tidak berbakat, diambil dari grade tunggal sebagai alat untuk menentukan tingkat keberbakatan siswa. Saran peneliti adalah sekolah, pelatih dan guru olahraga sering melakukan tes pencarian bakat terhadap siswa agar siswa mengetaui bakat yang dimilki.Semoga dengan dilakukannya tes pemanduan bakat siswa lebih mudah mengembangkan olahraganya sesuai dengan bakat yang telah diketahui.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keberbakatan, ekstrakurikuler bola voli, sport search, sekolah menengah pertama
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 18:46
Last Modified: 30 Oct 2017 18:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26988

Actions (login required)

View Item View Item