HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KONSENTRASI TERHADAP KEMAMPUAN JUGGLING PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMP NEGERI DI PETARUKAN TAHUN 2016


Rifqi Aliansyah , 6101412026 (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KONSENTRASI TERHADAP KEMAMPUAN JUGGLING PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMP NEGERI DI PETARUKAN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hubungan kecerdasan emosional (EQ) dan konsentrasi yang baik, akan mempengaruhi penguasaan kemampuan juggling dalam olahraga sepak bola. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah hubungan antara tingkat kecerdasam emosional (EQ) dan konsentrasi terhadap kemampuan juggling pada peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri di Petarukan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui hubungan tingkat kecerdasan emosional (EQ) dan konsentrasi terhadap kemampuan juggling pada peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri di Petarukan tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah survey test, teknik analis data menggunakan analisis korelasi product moment dan koefisien korelasi sebagai alat uji ada tidaknya hubungan linier antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri di petarukan, populasi mempunyai jenis kelamin yang sama yaitu laki-laki dengan usia antara 14-17 tahun, Jumlah populasi yaitu 3 sekolah, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa semuanya di jadikan sampel yang disebut dengan total sampling. Variabel bebas Kecerdasan Emosional (EQ) dan konsentrasi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan juggling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh nilai Fhitung sebesar 15,412 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 kesimpulannya bahwa hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “hubungan antara tingkat kecerdasan emosional (EQ) dan konsentrasi terhadap kemampuan juggling” diterima. Yang artinya antara variabel Kecerdasan emosional (X1) dan Konsentrasi (X2) mempunyai hubungan terhadap variabel Jugging (Y). Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara Kecerdasan Emosi (EQ) dan konsentrasi terhadap kemampuan juggling pada peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri di petarukan. Saran penelitian yaitu untuk guru sekaligus pelatih dalam ekstrakurikuler sepak bola pada ekstrakurikuler sepak bola supaya memperhatikan faktor psikologis dalam latihan untuk dapat meningkatkan mental para pemain ataupun peserta ekstrakulikuler sepak bola karena faktor ini sangat penting untuk menunjang penampilan dilapangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional (EQ) dan konsentrasi, kemampuan juggling
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 18:43
Last Modified: 30 Oct 2017 18:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26987

Actions (login required)

View Item View Item