KONDISI KEBUGARAN JASMANI DITINJAU DARI AKTIVITAS DI LUAR SEKOLAH SISWA KELAS VII,VIII, & IX SMP N 4 BATANG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


AHMAD SOLEHUDIN , 6101412024 (2016) KONDISI KEBUGARAN JASMANI DITINJAU DARI AKTIVITAS DI LUAR SEKOLAH SISWA KELAS VII,VIII, & IX SMP N 4 BATANG KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kondisi siswa yang memilih berdiam diri di rumah dengan hanya menonton televisi daripada melakukan aktivitas fisik, padahal di masa pertumbuhannya, siswa harus melakukan banyak aktivitas fisik. Orang tua lebih mementingkan anaknya untuk belajar akademik daripada harus melakukan aktivitas fisik. Rumusan masalah bagaimanakan kondisi kebugaran jasmani yang ditinjau dari aktivitas di luar sekolah siswa kelas VII,VIII, dan IX SMP Negeri 4 Batang. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi kebugaran jasmani yang ditinjau dari aktivitas di luar sekolah siswa kelas VII,VIII, dan IX SMP Negeri 4 Batang. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel mengunakan teknik simple random sampling dengan sampel yang diambil sebanyak 70 siswa. Variabel penelitian ini yaitu aktivitas di luar sekolah sebagai variabel bebas dan tingkat kebugaran jasmani sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia, yaitu Lari 50 meter, Gantung Angkat Tubuh, Baring Duduk, Loncat Tegak, dan Lari 800/1000 Meter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Perhitungan dalam analisis tersebut digunakan bantuan SPSS 21.0 dengan data menghasilkan persentase pencapaian yang selanjutnya diinterperstasikan dengan kalimat. Hasil penelitian menunjukan yang berkategori baik sebanyak 27 siswa atau 38.6%, berkategori sedang sebanyak 34 siswa atau 48.6%, berkategori kurang sebanyak 9 siswa atau 12.9%, dan tidak ada kebugaran jasmani siswa yang berkategori baik sekali maupun kurang sekali. Secara rata-rata tingkat kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 4 Batang tahun 2016 sebesar 15.87. Pembahasan dari hasil tes kebugaran jasmani, diperoleh tingkat kebugaran jasmani pada siswa SMP Negeri 4 Batang Kabupaten Batang tahun 2016 paling banyak memiliki tingkat kebugaran jasmani dengan kategori sedang. Hasil klasifikasi tes kebugaran tersebut diperoleh klasifikasi kurang, sedang, dan baik. Hasil ini menunjukan bahwa masih belum diperhatikannya kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 4 Batang Kabupaten Batang tahun 2016. Simpulan dalam penelitian ini, tingkat kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 4 Batang tahun 2016 sebesar 15.87 dan berada pada kategori sedang. Saran peneliti antara lain untuk siswa hendaknya meningkatkan kebugaran jasmani dengan melakukan aktivitas fisik dan tidak terlalu menggantungkan pada teknologi sehingga melupakan aktivitas fisik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebugaran Jasmani, Aktivitas di luar Sekolah, Siswa SMP
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 18:38
Last Modified: 30 Oct 2017 18:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26986

Actions (login required)

View Item View Item