PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL SURA MANDA UNTUK PEMBELAJARAN LOMPAT JANGKIT BAGI SISWA KELAS XI SMA SE-KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2016


Hadi Abdulloh , 6101412023 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL SURA MANDA UNTUK PEMBELAJARAN LOMPAT JANGKIT BAGI SISWA KELAS XI SMA SE-KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian pengembangan ini adalah belum maksimalnya penggunaan modifikasi permainan sebagai model pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah pengembangan model permainan tradisional sura manda untuk pembelajaran lompat jangkit bagi siswa kelas XI SMA se-kecamatan Kesugihan kabupaten Cilacap tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan model permainan tradisional sura manda untuk pembelajaran lompat jangkit bagi siswa kelas XI SMA se-kecamatan Kesugihan kabupaten Cilacap tahun 2016 Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan produk dalam penelitian ini yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk (Uji coba I dengan 14 siswa), 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian (ujicoba II dengan 64 siswa), 9) Revisi produk, 10) Produksi masal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli, kuesioner siswa, hasil pengamatan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan diskriptif prosentase. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata prosentase hasil uji coba I yaitu 82,66% mengalami peningkatan pada uji coba II sebesar 6,67% menjadi 89,33%. Mengacu pada data tersebut dapat dapat dikatakan bahwa model pengembangan yang dibuat memiliki kriteria “baik” dan memiliki makna “digunakan” sehingga pengembangan model permainan tradisional sura manda untuk pembelajaran lompat jangkit bagi siswa kelas XI SMA se-kecamatan Kesugihan kabupaten Cilacap tahun 2016 dapat digunakan. Kesimpulan penelitian ini yaitu pengembangan model permainan tradisional sura manda untuk pembelajaran lompat jangkit bagi siswa kelas xi sma se-kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap tahun 2016 dapat digunakan untuk pembelajaran lompat jangkit di sekolah menengah atas. Saran dari peneliti yaitu: 1) produk pengembangan ini dapat dijadikan alternatif model pembelajaran lompat jangkit. 2) bagi pembaca produk pengembangan ini dapat dijadikan referensi pengembangan model pembelajaran pada mate`ri lompat jangkit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sura Manda, Lompat Jangkit, Permainan Tradisional
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 18:34
Last Modified: 30 Oct 2017 18:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26985

Actions (login required)

View Item View Item