PENGEMBANGAN SARANA PEMBELAJARAN ATLETIK PADA SISWA KELAS V SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN BLORA TAHUN 2016


Dwi Winarti , 6101412022 (2016) PENGEMBANGAN SARANA PEMBELAJARAN ATLETIK PADA SISWA KELAS V SD GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN BLORA TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa yaitu belum tersedianya sarana pembelajaran atletik dalam pembelajaran kominasi lari dan lompat. Permasalahan yang penulis temukan adalah hanya ada satu sekolah yang memiliki sarana atletik (kid’s athletics) yang lengkap dalam satu gugus. Untuk itu harus ada inovasi pengembangan gawang lompat dan gelang estafet modifikasi untuk pembelajaran kombinasi lari dan lompat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk produk pengembangan sarana pembelajaran atletik kombinasi lari dan lompat pada siswa kelas v SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sarana pembelajaran atletik pada siswa kelas v SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Tahun 2016. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu (1) melakukan analisis produk, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi ahli menggunakan satu ahli penjas (atletik) dan tiga ahli pembelajaran penjasorkes SD, (4) uji coba skala kecil (20 siswa), (5) revisi produk pertama, (6) uji coba skala besar (80 siswa), (7) revisi produk akhir, (8) hasil akkhir CS.Gapilon. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan dan hasil kuesioner siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata validasi ahli pada uji coba skala kecil untuk cincin selang didapat persentase sebesar 80,71% (baik) serta untuk gapilon didapat persentase sebesar 86,43% (baik), hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 90,67% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata validasi ahli pada uji skala besar untuk produk cincin selang didapat persentase sebesar 92,86% (sangat baik) serta untuk gapilon didapat persentase sebesar 94,29% (sangat baik), hasil ratarata kuesioner siswa pada uji skala besar didapat persentase sebesar 94% (sangat baik). Berdasar data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan sarana pembelajaran atletik pada siswa kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Tahun 2016. Bagi guru penjasorkes hal ini dapat dijadikan sebagai refrensi atau solusi sederhana, murah, dan mudah didapat untuk melengkapi sarana pembelajaran atletik yaitu kombinasi gerak lari dan lompat yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, atletik,lari, lompat
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 17:38
Last Modified: 30 Oct 2017 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26984

Actions (login required)

View Item View Item