SURVEI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN 2015


YOGIE ADI PAMUNGKAS , 6101411253 (2016) SURVEI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411253.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (penjasorkes) di sekolah sangat penting untuk diperhatikan. Sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai akan mencerminkan kualitas pembelajaran yang dilakukan, sehingga tujuan pendidikan akan tercapai dengan baik. Permasalahandalam penelitian ini adalah kondisi kelayakan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se-Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se Kecamatan Limpung tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena untuk mendeskripsikan kelayakan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan semua SMPN se-Kecamatan Limpung yaitu SMP Negeri 1 Limpung, SMP Negeri 2 Limpung dan SMP Negeri 3 Limpung melalui rasionalitas jumlah sarana dan prasarana yang ada dengan kebutuhan dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen wawancara dan observasi berupa ketersediaaan sarana dan prasarana olahraga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan sarana dan prasarana pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dari ketiga SMP Negeri se- Kecamatan Limpung dengan rician sebagai berikut : SMPN 1 Limpung mendapat prosentase kelayakan sebesar 49,76% dan dalam kategori cukup ideal, SMPN 2 Limpung 48,51% dan masuk kategori cukup ideal dan SMPN 3 Limpung mendapat prosentase 43,01% dan masuk kategori cukup ideal. Simpulan kelayakan sarana dan prasarana penjasorkes pada SMP Negeri se Kecamatan Limpung cukup ideal dengan rata-rata prosentase 47,09%. Sarana dan prasarana pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMP Negeri se- Kecamatan Limpung dapat dinyatakan dalam kondisi cukup ideal untuk proses pembelajaran penjasorkes.Saran penelitian ini adalah meskipun sudah memenuhi standar minimal proses pembelajar, hendaknya penambahan sarana dan prasarana terus dilakukan dengan tetap mempertimbangkan tingkat kebutuhan, sehingga kualitas pembelajaran dapat lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, Kelayakan, Sarana, Prasarana
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 16:58
Last Modified: 30 Oct 2017 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26978

Actions (login required)

View Item View Item