PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BALL SPIKE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMANGGIS KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2015


Didiek Prabowo , 6101411219 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BALL SPIKE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMANGGIS KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411219.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran permainan bola voli, terhadap minat bermain bola voli pada siswa kelas V SD dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan model permainan Ball Spike dapat meningkatkan aktivitas gerak siswa dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas V SD Negeri Karangmanggis kecamatan Boja Kabupaten Kendal.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa pengembangan model permainan Ball Spike dalam pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SD Negeri Karangmanggis Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data (research and information) yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal (uji coba skala kecil) uji coba skala kecil dengan menggunakan 8 subyek uji coba, satu ahli penjas, dan dua ahli pendidikan jasmani. Selama uji coba diadakan pengamatan dan pengedaran angket atau kuesioner bagi ahli pendidikan jasmani maupun subyek, (5) revisi uji skala kecil berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil yang digunakan untuk perbaikan dan penyempurnaan terhadap produk awal, (6) uji coba lapangan skala besar yaitu dengan 20 subyek uji coba, (7) penyempurnaan produk akhir (final produk reversion), (8) implementasi yaitu melaporkan hasil dalam bentuk pengolahan data kuesioner atau angket. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 82,67% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 82,5% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 89% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan Ball Spike ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SD Negeri Karangmanggis Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan produk model permainan Ball Spike sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, pembelajaran bola voli, melalui permainan Ball Spike.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 15:40
Last Modified: 30 Oct 2017 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26975

Actions (login required)

View Item View Item