PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAM MELALUI PERMAINAN BOKRAM PADA SISWA KELAS XI MA PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2015


ADITYA SETIAWAN , 6101411203 (2016) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAM MELALUI PERMAINAN BOKRAM PADA SISWA KELAS XI MA PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411203.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal diperoleh informasi bahwa pembelajaran lempar cakram di MA Pagerbarang masih sederhana, ditunjukan dengan belum adannya pendekatan khusus untuk membelajarkan tahap demi tahap yang ada di lempar cakram, minimnya alat yang dimiliki (cakram), kesulitan siswa melakukan teknik dasar lempar cakram, dan berdasarkan pernyataan guru belum pernah ada permainan khusus yang diterapkan untuk pendekatan teknik dasar lempar cakam. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengembangan pembelajaran lempar cakram melalui permainan bokram pada siswa kelas XI MA Pagerbarang”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Pengembangan Model Pembelajaran Lempar Cakram Melalui Permainan Bokram Pada Siswa Kelas XI di MA Pagerbarang Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pembelajaran lempar cakram melalui permainan bokram pada siswa kelas XI MA Pagerbarang. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu; (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa permainan bokram), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli permainan dan dua ahli pembelajaran penjasorkes, serta uji coba I, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba I (10 siswa), (5) uji coba II (10 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir pengembangan permainan lempar cakram melalui permainan bokram yang dihasilkan melalui revisi uji coba II. Berdasarkan hasil penelitian bentuk permainan bokram masuk dalam kategori baik. Rata-rata Penilaian dari ahli penjasorkes 84,5% (baik) dan penilaian ahli pembelajaran didapat 74,65% (baik). Hasil produk uji coba I kelompok kecil aspek kognitif 70% (baik), aspek afektif 87% (baik), aspek psikomotor 74% (baik), rata-rata uji coba I 77% (baik). hasil uji coba II kelompok besar dalam aspek kognitif 84% (baik) aspek afektif 91% (baik) aspek psikomotor 79% (baik), rata-rata uji coba II 84,6% (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan lempar cakram melalui permainan bokram dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas XI MA Pagerbarang. Saran bagi guru penjasorkes dapat menggunakan permainan bokram saat pembelajaran lempar cakram

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lempar Cakram, Permainan Bokram.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 15:32
Last Modified: 30 Oct 2017 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26973

Actions (login required)

View Item View Item