PERMAINAN KASBOLSEN UNTUK PEMBELAJARAN KASTI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUSUKAN KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARATAHUN AJARAN 2014/2015


Denny Setyawan, 6101411193 (2015) PERMAINAN KASBOLSEN UNTUK PEMBELAJARAN KASTI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUSUKAN KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARATAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411193.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalahmateri penjasorkes yang sering diajarkan di sekolah tersebut hanya permainan bola besar, seperti sepak bola, bola voli, dan basket, juga materi pembelajaran yang belum dimodifikasi dan kurangnya ragam permainan bola kecil yang di ajarkan.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk permainan Kasbolsen (kasti bola sentuh) untuk pembelajaran Kasti pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Susukan.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran permainan bola kecil melalui permainan Kasbolsen (kasti bola sentuh) untuk mendapatkan pembelajaran yang inovatif, efektif, dan efisien pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Susukan, desa Panarusan Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Sugiyono yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa modifikasi permainan kasti), (3) validasi ahli, (4) revisi produk pertama, (5) uji coba lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi permainan kasti bagi siswa kelas VIII yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Data hasil uji coba skala kecil diperoleh presentase aspek psikomotor 79,48% (baik), aspek afektif 82,5% (baik), aspek kognitif 83,12% (baik). Data uji coba skala besar diperoleh presentase aspek psikomotor 87,90% (baik), aspek afektif 90,98% (sangat baik), aspek kognitif 92,18% (sangat baik). Dari uji coba lapangan di dapat data persentase dari ahli penjas sebesar 96,66%, dan ahli pembelajaran sebesar 95%.Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan pengembangan permainan Kasbolsen (kasti bola sentuh) dapat digunakan dalam pembelajaran Penjasorkes. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan Kasbolsen (kasti bola sentuh) dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sususkan.Dapat disarankan bagi guru pendidikan jasmani di SMP untuk menggunakan produk permainan Kasbolsen (kasti bola sentuh) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Kasti, Permainan Kasbolsen (kasti bola sentuh)
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 15:19
Last Modified: 30 Oct 2017 15:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26971

Actions (login required)

View Item View Item