PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN COLORFUL BALLS RUN UNTUK REAKSI GERAK PADA ANAK TUNA GRAHITA SLB NEGERI SEMARANG TAHUN 2015


RAHADIAN YODHA BHAKTI , 6101411192 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN COLORFUL BALLS RUN UNTUK REAKSI GERAK PADA ANAK TUNA GRAHITA SLB NEGERI SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411192.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal diperoleh informasi bahwa pembelajaran Permainan Bola Kecil di SLB Negeri Semarang belum terlaksana dengan maksimal karena kesulitan anak tunagrahita untuk mengerti tentang teknik yang ada di dalam Permainan Bola Kecil dan kurangnya reaksi gerak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengembangan model pembelajaran Permainan Colorful Balls Run pada anak-anak tunagrahita dilihat dari segi kognitif, afektif dan psikomotor mampu memberikan dorongan dan semangat dalam pembelajaran penjasorkes untuk lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani di SLB Negeri Semarang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui produk Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Colorful Balls Run Untuk Reaksi Gerak Pada Anak Tunagrahita SLB Negeri Semarang Kelas V Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan produk yaitu; (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka yang dilakukan di SLB Negeri Semarang pada tanggal 05 Mei 2015. (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran permainan bola kecil colorful balls run), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli permainan dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah dasar luar biasa khusus tunagrahita, serta uji coba I, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis. (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba I (14 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba II (29 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model permainan bola kecil colorful balls run bagi siswa kelas V yang dihasilkan melalui revisi uji coba II.Berdasarkan hasil penelitian permainan colorful balls run masuk dalam kategori penilaian baik. Karena didapat rata-rata dari ahli penjasorkes 80% (baik) dan ahli pembelajaran didapat 92% (sangat baik). Hasil produk uji coba I kelompok kecil aspek kognitif 83.53% (baik), aspek afektif 82.10% (baik), aspek psikomotor 81.39% (baik), rata-rata uji coba I 82,34% (baik). hasil uji coba II kelompok besar dalam aspek kognitif 85.14% (baik) aspek afektif 83.76% (baik) aspek psikomotor 83.07% (baik), rata-rata uji coba II 83.99% (baik). Disimpulkan bahwa pengembangan model permainan colorful balls run ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes khususnya permainan bola kecil bagi siswa kelas V SLB Negeri Semarang. Saran bagi guru penjasorkes SLB Negeri Semarang dapat menggunakan permainan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan Bola Kecil, Permainan Colorful Balls Run
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 15:15
Last Modified: 30 Oct 2017 15:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26970

Actions (login required)

View Item View Item