PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET MELALUI PERMAINAN FAST COINBALL PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 PEMALANG TAHUN 2015


Kurniawan Aji Saputro , 6101411247 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET MELALUI PERMAINAN FAST COINBALL PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 PEMALANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411247.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan yang timbul di kelas VII A SMP Negeri 2 Pemalang yaitu nilai siswa kurang dalam pembelajaran dribble, 19 siswa dari total 34 siswa belum mencapai nilai KKM yaitu 75. Terbukti rata-rata nilai bola basket siswa kelas VII A yang belum memenuhi KKM masih banyak. Untuk menarik minat siswa agar senang dengan pembelajaran dribble peneliti menggunakan permainan fast coinball sebagai media pembelajaran untuk memberikan penjelasan mengenai latihan, gerakan, perkenaan bola pada tangan, gerakan dribble zig-zag yang benar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan pembelajaran dribble melalui permainan fast coinball bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pemalang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas VII A melalui permainan fast coinball bagi siswa Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaannya siklus I satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan, pada setiap siklus akan dilihat adanya peningkatan hasil belajar dribblenya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pemalang. Berdasarkan 34 siswa yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil pengamatan pada saat pembelajaran, tes unjuk kerja dan tes tertulis siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil prosentase ketuntasan belajar pada siklus I, aspek Psikomotor 29,41% dengan rata-rata nilai 57,35, aspek afektif 52,94% dengan rata-rata nilai 76,47 dan aspek kognitif 58,82% dengan rata-rata nilai 80 meningkat pada siklus II menjadi, aspek psikomotor 79,41% dengan rata-rata nilai 76,47, aspek afektif 84,18% dengan rata-rata nilai 97,06 dan aspek kognitif 94,12% dengan rata-rata nilai 84,18. Hasil belajar pada siklus I yang dapat memenuhi KKM sebanyak 20,59% dan yang belum tuntas 27 siswa dari jumlah keseluruhan siswa dengan rata rata nilai 67,23 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,35% dan yang belum tuntas 6 siswa dari jumlah keseluruhan siswa dengan rata-rata nilai 81,07. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dribble melalui permainan fast coinball dapat meningkatkan hasil belajar dribble pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pemalang. Saran bagi guru Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 2 Pemalang untuk memanfaatkan permainan fast coinball dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Dribble, Permainan Fast Coinball
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2017 20:27
Last Modified: 27 Oct 2017 20:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26969

Actions (login required)

View Item View Item