UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MELALUI PERMAINAN TRIANGLE PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 36 SEMARANG TAHUN 2015


Bayu Adhi Nugroho , 6101411233 (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MELALUI PERMAINAN TRIANGLE PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 36 SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411233.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah hasil belajar siswa yang tidak mencapai kriteria kelulusan dalam pembelajaan penjasorkes khususnya pada renang gaya dada. Kemudian peneliti menawarkan sebuah permainan Triangle yang diharapkan bisa menjadi solusi bagi permasalahan bagi siswa kelas VIII E di SMP Negeri 36 Semarang tahun 2015. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan hasil belajar renang gaya dada melalui permainan triangle bagi siswa kelas VIII E di SMP Negeri 36 Semarang tahun 2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar renang gaya dada melalui permainan triangle siswa kelas VIII E SMP Negeri 36 Semarang tahun 2015. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 36 Semarang sebanyak 24 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas empat tahap, yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observasi (pengamatan) dan reflection (refleksi). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pengumpulan di peroleh hasil pengamatan di lapangan yang diperoleh dari siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi dan instrumen evaluasi berupa tes hasil belajar renang gaya dada meliputi psikomotor, afektif dan kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dekriptif persentase. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari tiap siklusnya yaitu, diperoleh hasil belajar renang gaya dada pada siklus I ketuntasan klasikal sebanyak 6 siswa atau 25% dengan kriteria “rendah”. Pada siklus II ketuntasan klasikal sebanyak 23 siswa atau 95,83% dengan kriteria “ memuaskan”. Ini berarti ada kenaikan ketuntasan yaitu 17 siswa (70,83%). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan hasil belajar renang gaya dada dengan permainan triangle dikatakan berhasil, karena hasil yang diperoleh sudah melampaui indikator ketuntasan belajar siswa. Saran bagi guru penjasorkes adalah model permainan triangle sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya dada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Permainan Triangle, Renang Gaya Dada
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2017 20:24
Last Modified: 27 Oct 2017 20:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26968

Actions (login required)

View Item View Item