MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING BOLA VOLI MELALUI MEDIA BANTU TEMBOK PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 1 NGAWEN KABUPATEN BLORA 2015


Dwi Sugiyanto , 6101411232 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING BOLA VOLI MELALUI MEDIA BANTU TEMBOK PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 1 NGAWEN KABUPATEN BLORA 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411232.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran bola voli khususnya materi pasing bawah dan pasing atas. Ratarata nilai kelas yang tidak mencapai KKM 44 %.Sehingga pembelajaran ini diperlukan model pembelajaran melalui media bantu tembok pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngawen Kabupaten Blora untuk meningkatkan hasil belajar pasing bola voli. Adapun permasalah dalam penelitian ini “Apakah pembelajaran pasing dalam permainan bola voli melalui media bantu tembok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngawen ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pasing bola voli melalui media bantu tembok bagi siswa kelas VIII D di SMP Negeri 1 Ngawen. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilakukan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngawen Kabupaten Blora. Pelakasanaan penelitian siklus I dilakukan pada hari selasa tanggal 24 November 2015 sedangkan penelitian siklus II dilakukan pada hari selasa tanggal 26 januari 2016. Dari 36 siswa yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui adanya peningkatan pembelajaran pasing bola voli melalui media bantu tembok dengan hasil persentase ketuntasan pada setiap siklus dan setiap aspek. Pada hasil siklus I, aspek psikomotor mencapai 26,3%, apek kognitif mencapai 19,9%, aspek afektif mencapai 14,6% dengan jumlah siswa 36 yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase sebanyak 38,9%. Sedangakan untuk siklus II, aspek psikomotor mencapai 35,56%, aspek kognitif mencapai 20,16%, aspek afektif mencapai 18,32% dengan jumlah siswa 36 yang tuntas sebanyak 27 siswa dengan persentase sebanyak 75% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bantu tembok dapat meningkatkan hasil belajar pasing bola voli pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngawen Kabupaten Blora dengan persentase ketuntasan mencapai 75%. Saran yang diberikan oleh peneliti terkait dengan hasil penelitian adalah model pembelajaran dengan menggunakan media bantu tembok bisa dijadikan materi alternatif oleh guru penjasorkes untuk meningkatkan hasil belajar pasing bola voli melalui media bantu tembok dalam permainan bola voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pasing Bola Voli, Media Bantu Tembok
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2017 20:20
Last Modified: 27 Oct 2017 20:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26967

Actions (login required)

View Item View Item