PERMAINAN POINT BOTTLE SHOOT DALAM PEMBELAJARAN BOLABASKET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Tri Rustadi Mardiyoko, 6101411183 (2016) PERMAINAN POINT BOTTLE SHOOT DALAM PEMBELAJARAN BOLABASKET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411183.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran bolabasket di sekolah belum ada modifikasi, siswa kurang aktif dalam pembelajaran di SMP Negeri 2 Kepil, SMP Negeri 3 Kepil, dan SMP Negeri 5 Kepil Wonosobo. Pada pembelajaran bolabasket siswa kurang berminat untuk bergerak, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bolabasket di sekolah tersebut kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pengembangan permainan Point Bottle Shoot pada pembelajaran bolabasket bagi siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kepil kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan Point Bottle Shoot dalam pembelajaran bolabasket dI SMP Negeri se-Kecamatan Kepil kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau sering disebut Research & Development (R&D) yang merupakan proses yang dipakai untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian tersebut adalah; (1) melakukan penelitian pendahuluan untuk mengumpulkan informasi awal berupa observasi di lapangan serta kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal berupa permainan, (3) evaluasi para ahli, serta uji coba kelompok kecil dengan koesioner, (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli, (5) uji coba lapangan, (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir pengembangan permainan Point Bottle Shoot untuk siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kepil kabupaten Wonosobo. Berdasarkan data hasil pengamatan uji coba skala kecil diperoleh persentase 76,67% (baik) dari hasil evaluasi ahli uji coba skala kecil diperoleh persentase 91,18% (sangat baik). Hasil penelitian uji coba skala besar SMP Negeri 2 Kepil diperoleh 77.58% (baik),uji coba skala besar SMP Negeri 3 Kepil diperoleh 79,09% (baik), uji coba skala besar SMP Negeri 5 Kepil diperoleh 81,26% (sangat baik), rata-rata uji coba skala besar diperoleh persentase 79,31% (baik). berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka model permainan Point Bottle Shoot telah memenuhi kriteria yang baik untuk digunakan. Disimpulkan bahwa pengembangan permainan Point Bottle Shoot dalam pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Saran bagi guru penjasorkes adalah bisa dijadikan alternatif pembelajaran bolabasket.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pembelajaran, Bolabasket, Point Bottle Shoot
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Amin Amin Amin
Date Deposited: 27 Oct 2017 19:17
Last Modified: 27 Oct 2017 19:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26962

Actions (login required)

View Item View Item