PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN CIRCUIT THROW GAMES DALAM PEMBELAJARAN TOLAK PELURU SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA SEMARANG


Dyah Ayu Kumala Sari, 6101411176 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN CIRCUIT THROW GAMES DALAM PEMBELAJARAN TOLAK PELURU SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411176.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan peneliti ini adalah: masih kurangnya minat anak di tingkat Sekolah Menengah Atas saat mendapatkan pembelajaran tolak peluru dikarenakan berbagai alasan seperti kurangnya modifikasi pembelajaran, alat yang digunakan terlalu berat selain itu sarana maupun prasarana yang ada di sekolah belum memenuhi setandar untuk melakukan pembelajaran tolak peluru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengembangan model pembelajaran Atletik melalui modifikasi permainan Circuit Throw Games pada siswa kelas X SMA Negeri 8 kota Semarang?” tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran Atletik khususnya dalam cabang tolak peluru melalui modifikasi permainan Circuit Throw Games pada siswa kelas X SMA Negeri 8 kota Semarang sehingga dapat meningkatkan pembelajaran Atletik khususnya pada pembelajaran Tolak peluru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu (1) melakukan analisa produk, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi (6) uji coba kelompok besar (7) produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, pengamatan siswa, dan kuesioner siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Berdasarkan analisis data uji coba diperoleh data evaluasi produk awal yaitu, ahli penjas 80% (Baik), ahli pembelajaran I 82,6% (Baik) dan ahli pembelajaran II 84% (Baik) uji coba kelompok kecil 87% (Baik) dan uji coba lapangan / kelompok besar 92.6% (Sangat Baik). Dari data yang ada dapat disimpulkan bahwa model pengembangan pembelajaran Tolak Peluru melalui permainan Circuit Throw Games dapat digunakan pada siswa kelas X SMA Negeri 8 kota Semarang. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran tolak peluru melalui permainan Circut Throw Games pada siswa kemas X SMA Negeri 8 kota Semarang efektif dan layak digunakan sebagai tambahan materi dalam pembelajaran tolak peluru. Bagi guru penjasorkes di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat digunakan sebagai referensi atau alternatif sederhana untuk mengembangkan permainan pada saat proses pembelajaran dan diharapkan dapat mengembangkan model-model permainan Atletik yang lebih baik dan menarik lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Atletik, Modifikasi Permainan Pembelajaran Tolak peluru
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Amin Amin Amin
Date Deposited: 27 Oct 2017 19:08
Last Modified: 27 Oct 2017 19:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26961

Actions (login required)

View Item View Item