MODEL BAQUSAL GAME DALAM PEMBELAJARAN BOLABASKET PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2015


Rendy Bastian , 6101411169 (2015) MODEL BAQUSAL GAME DALAM PEMBELAJARAN BOLABASKET PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411169.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran teknik dasar bolabasket yang masih cenderung monoton, membosankan, dan pembelajaran belum dikemas dalam bentuk modifikasi, sehingga dijumpai siswa merasa bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran bolabasket melalui permainan baqusal pada pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar. Tujuan peneltian ini adalah menghasilkan produk berupa pengembangan model pembelajaran bolabasket melalui permainan baqusal pada pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg &Gall yaitu; (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan baqusal game),(3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli permainan dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah pertama, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (20 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba kelompok besar (34 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, (7) hasil akhir permainan baqusal bagi siswa kelas VIII yang dihasilkan melalui revisi uji kelompok besar. Dari hasil rata-rata validasi ahli setelah uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 90% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 81,33% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 87,55% (baik). Jumlah rata-rata keseluruhan persentase adalah 86,29% (baik). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran bolabasket melalui permainan baqusal ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah menengah pertama dapat menggunakan produk pengembangan model pembelajaran bolabasket melalui permainan baqusal sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bolabasket, baqusal
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2017 18:27
Last Modified: 27 Oct 2017 18:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26957

Actions (login required)

View Item View Item