SINTESIS ARANG AKTIF KULIT KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) SEBAGAI ADSORBEN DALAM PENURUNAN KADAR ANION SULFIDA DENGAN INTERFERENSI ANION NITRIT

Dhewi Gandaningrum , 4311412076 (2016) SINTESIS ARANG AKTIF KULIT KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) SEBAGAI ADSORBEN DALAM PENURUNAN KADAR ANION SULFIDA DENGAN INTERFERENSI ANION NITRIT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1761Kb)

    Abstract

    Kadar ion sulfida dalam perairan dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan jika melebihi baku mutu. Baku mutu pada limbah industri tekstil yang telah ditetapkan untuk parameter ion sulfida sebesar 0,3 mg/L. Agar memenuhi baku mutu yang ditetapkan maka harus dilakukan pengolahan terhadap limbah cair tersebut sebelum dibuang ke badan perairan. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah metode adsorpsi. Dengan metode ini dibutuhkan suatu adsorben yang efektif untuk mengadsorpsi ion sulfida. Arang aktif kulit kacang tanah ini bisa dijadikan adsorben yang efektif dalam proses adsorpsi ion sulfida. Sintesis arang aktif ini dilakukan dengan mengarangkan kulit kacang tanah dan diayak dengan ukuran 100 mesh. Arang kulit kacang tanah diaktifkan dengan asam sulfat. Kajian karakterisasi yang dilakukan kadar air, kadar abu, dan daya serap iodin. Hasil yang diperoleh berturut-turut ialah 3,96%, 3,03%, 281,3015 mg/g. Arang aktif ini diaplikasikan untuk menurunkan kada ion sulfida dalam larutan dan sampel limbah industri tekstil. Optimasi yang dilakukan diantaranya pH, waktu kontak, dan kosentrasi. Kondisi optimum yang didapat terjadi pada pH 12, waktu kontak 30 menit, konsentrasi ion sulfida 6 ppm yang memiliki kapasitas sebesar 2,5615 mg/g. Kajian interferensi ion nitrit dilakukan untuk memngetahui pengaruh adsorpsi ion sulfida oleh arang aktif kulit kacang tanah. Kajian interferensi tidak terjadi persaingan antara ion nitrit dan sulfida. Hal ini terjadi kemungkinan karena ion nitrit lebih kuat daripada ion sulfida sehingga ion nitrit tidak terhidrolisis dan tidak membentuk senyawa baru yang stabil maka jumlah ion sulfida yang terserap semakin banyak dengan bertambahnya konsentrasi ion nitrit. Sampel yang digunakan untuk aplikasi adalah limbah industri tekstil. Hasil adsorpsi sampel yang diperoleh sebesar 0,7945 mg/g. Kajian kesetimbangan adsorpsi yang diperoleh sesuai dengan adsorpsi isoterm Langmuir.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Arang aktif, kulit kacang tanah, adsorpsi, ion sulfida, interferensi, ion nitrit
    Subjects: Q Science > QD Chemistry > Shynthesis
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 27 Oct 2017 10:29
    Last Modified: 27 Oct 2017 10:29

    Actions (login required)

    View Item