EKSTRAKSI KLOROFILID DARI DAUN SUJI (Pleomele angustifolia) DAN APLIKASINYA SEBAGAI FOTOSENSITIZER DALAM FOTOREDUKSI ION Fe(III)


Mursalina Mulyasari , 4311412067 (2016) EKSTRAKSI KLOROFILID DARI DAUN SUJI (Pleomele angustifolia) DAN APLIKASINYA SEBAGAI FOTOSENSITIZER DALAM FOTOREDUKSI ION Fe(III). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311412067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian ekstraksi klorofilid dari daun suji yang diaplikasikan sebagai fotosensitizer dalam fotoreduksi Fe(III). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas fotosensitizer klorofilid terhadap fotoreduksi Fe(III) meliputi optimasi pH, lama penyinaran dan konsentrasi fotosensitizer klorofilid. Ekstraksi klorofilid dilakukan menggunakan cara maserasi yaitu merendam daun suji dalam campuran pelarut aseton 80% dan polioksietilen sorbitan monoleat 1% pada temperatur 40C selama 2 jam. Ekstrak klorofilid diuji karakteristiknya menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan HPLC. Dilanjutkan dengan uji aktivitas fotosensitizer klorofilid terhadap fotoreduksi Fe(III) dilakukan dengan mengomplekskan sampel menjadi [Fe(C10H8N2)3]2+yang berwarna jingga. Kadar klorofilid yang terbentuk dari ektrak daun suji sebesar 60,86 ppm yang diukur menggunakan spektrofotometri UV-Vis. Hasil aktivitas fotoreduksi ion Fe(III) menunjukkan bahwa klorofilid bersifat reduktor dan hasil maksimal pada pH 6 selama 10 menit dengan persentase ion Fe(III) tereduksi sebesar 57,56% yang diperoleh dengan penambahan 0,2 ml ekstrak daun suji.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: klorofilid, daun suji, Fe(III), fotoreduksi
Subjects: Q Science > QD Chemistry > Extraction
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2017 13:50
Last Modified: 27 Oct 2017 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26949

Actions (login required)

View Item View Item