FILM BERBASIS EKSTRAK ANTOSIANIN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas var. Ayumurasaki) SEBAGAI BIOINDIKATOR KERUSAKAN PADA DAGING AYAM


Rosalina Ananta , 4311412059 (2016) FILM BERBASIS EKSTRAK ANTOSIANIN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas var. Ayumurasaki) SEBAGAI BIOINDIKATOR KERUSAKAN PADA DAGING AYAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311412059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pembuatan film berbasis ektrak antosianin ubi jalar ungu yang di aplikasikan sebagai bioindikator kerusakan pada daging ayam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preparasi ubi jalar ungu yang optimum dalam proses ekstraksi, mengetahui konsentrasi ekstrak antosianin dalam film antosianin yang paling tepat dijadikan bioindikator dan mengetahui karakteristik fisik film antosianin. Film dibuat menggunakan teknik casting dengan bahan dasar tepung tapioka, gliserol CMC, serta ekstrak antosianin ubi jalar ungu. Total plate count dan pH daging dianalisis selama rentang waktu 24 jam. Pada saat yang sama perubahan warna pada film antosianin di foto kemudian dianalisis nilai perubahan warnanya menggunakan sistem CIELAB dengan aplikasi adobe photoshop versi 7,0. Film antosianin yang telah dibuat juga di analisis karakteristik fisiknya seperti kuat tarik dan elongasi menggunakan texture analyzer. Preparasi ekstrak ubi jalar ungu terbaik dalam proses ekstraksi adalah preparasi frying (A3), dengan nilai absorbansi UV-Vis sebesar 4,00 pada panjang gelombang 340 nm dan pada panjang gelombang 530 nm memiliki nilai absorbansi sebesar 0,435. Konsentrasi ekstrak antosianin ubi jalar ungu yang optimum dalam formulasi film antosianin yaitu formulasi dengan konsentrasi ekstrak 20% untuk film antosianin boiling dan 30% untuk film antosianin frying dan steam. Penambahan ekstrak antosianin mempengaruhi karakteristik fisik film antosianin, semakin banyak penambahan ekstrak menyebabkan nilai kuat tarik serta elongasi dari film menurun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Antosianin, Film, Bioindikator, Ubi jalar Ungu.
Subjects: Q Science > QD Chemistry > Preparation
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2017 17:56
Last Modified: 26 Oct 2017 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26946

Actions (login required)

View Item View Item