ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS SENYAWA ANTIBAKTERI DARI DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) SERTA UPAYA PEMANFAATANNYA SEBAGAI HAND SANITIZER


Fanna Veronita , 4311412053 (2016) ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS SENYAWA ANTIBAKTERI DARI DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) SERTA UPAYA PEMANFAATANNYA SEBAGAI HAND SANITIZER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311412053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Daun Binahong merupakan salah satu tanaman yang digunakan sebagai bahan obat tradisional, karena memiliki kandungan senyawa flavonoid yang dapat digunakan sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis senyawa flavonoid di dalam daun binahong dan mengetahui daya antibakteri ekstrak daun binahong terhadap Escherichia coli dan Staphylococcus aureus serta memformulasi menjadi sediaan hand sanitizer. Metode penelitian yang dilakukan dimulai dengan maserasi sampel menggunakan pelarut n-heksana dan etanol, kemudian mengisolasi ekstrak etanol daun binahong menggunakan pelarut etil asetat:air dengan perbandingan 1:1. Identifikasi senyawa flavonoid dilakukan menggunakan spektrofotometer FTIR dan spektrofotometer UV-Vis. Selanjutnya memformulasi ekstrak menjadi hand sanitizer dan dilakukan uji antibakteri ekstrak daun binahong dan hand sanitizer daun binahong terhadap bakteri E.coli dan S.aureus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak hasil isolasi daun binahong diduga merupakan senyawa flavonoid golongan auron. Esktrak daun binahong memiliki daya hambat terhadap bakteri E.coli dan S.aureus. Sedangkan hand sanitizer daun binahong memiliki aktivitas antibakteri terhadap E.coli dan tidak memiliki daya hambat terhadap bakteri S.aureus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: daun binahong, flavonoid, antibakteri, hand sanitizer.
Subjects: Q Science > QD Chemistry > Maceration
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2017 17:03
Last Modified: 26 Oct 2017 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26942

Actions (login required)

View Item View Item