UJI AKTIVITAS SABUN CAIR EKSTRAK DAUN JATI (Tectona grandis L.f.) SEBAGAI ANTIBAKTERI TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli


Agnes Juniarti Chastelyna , 4311412023 (2016) UJI AKTIVITAS SABUN CAIR EKSTRAK DAUN JATI (Tectona grandis L.f.) SEBAGAI ANTIBAKTERI TERHADAP Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311412023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Uji aktivitas sabun cair ekstrak daun jati (Tectona grandis L.f.) sebagai antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli dilakukan untuk memanfaatkan kekayaan alam Indonesia. Adanya peningkatan strain patogen yang resisten terhadap antibiotik menyebabkan munculnya strain bakteri baru yang multi-resisten, sehingga dibutuhkan senyawa baru bahan alam yang terbukti secara alamiah bersifat sebagai antibakteri. Daun jati memiliki kandungan metabolit sekunder yang berfungsi sebagai antibakteri yang dilakukan dengan menggunakan uji fitokimia. Senyawa metabolit sekunder terdiri dari flavonoid, tanin, saponin, steroid, dan alkaloid ini diperoleh melalui proses ekstraksi dengan metode maserasi dengan menggunakan pelarut n-heksana dan etanol. Analisis senyawa metabolit sekunder diperkuat dengan di uji menggunakkan spektrofotometer UV-Vis dan FTIR yang menunjukkan didalam ekstrak mengandung senyawa flavonoid. Pemanfaatan daun jati ini secara inovatif dibuat sediaan sabun cair. Aktivitas antibakteri diperoleh zona hambat dengan konsentrasi 0,01%, 0,02%, 0,03% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli yaitu sebesar 15 mm; 17 mm; 19 mm. Masing-masing sediaan juga diuji terhadap bakteri Staphylococcus aureus dengan daya hambat yang diperoleh sebesar 15 mm; 17 mm; dan 19 mm. Semakin besar konsentrasi ekstrak daun jati dalam sabun cair, maka daya hambat pertumbuhan bakteri semakin besar. Sabun cair ekstrak daun jati memiliki kualitas sesuai dengan standar SNI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sabun, Daun Jati, Antibakteri,
Subjects: Q Science > QD Chemistry > Extraction
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2017 13:31
Last Modified: 25 Oct 2017 13:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26928

Actions (login required)

View Item View Item