PEMANFAATAN EKSTRAK KULIT BUAH NANAS (Ananas comosus L. Merr.) UNTUK SEDIAAN GEL HAND SANITIZER SEBAGAI ANTIBAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli


Anggy Rinela Sulistya Rini , 4311412005 (2016) PEMANFAATAN EKSTRAK KULIT BUAH NANAS (Ananas comosus L. Merr.) UNTUK SEDIAAN GEL HAND SANITIZER SEBAGAI ANTIBAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311412005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kulit nanas di Indonesia umumnya hanya dibuang begitu saja sebagai limbah, padahal dalam kulit nanas mengandung senyawa-senyawa kimia yang berpotensi sebagai agen antibakteri. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa kulit nanas positif mengandung flavonoid, tanin dan saponin. Hasil analisis UV-Vis dan IR menunjukkan bahwa dalam ekstrak kulit nanas mengandung senyawa flavonoid golongan dihidroflavanon. Kulit nanas hasil ekstraksi digunakan sebagai bahan aktif dalam sediaan hand sanitizer. Selanjutnya dilakukan pengujian aktivitas antibakteri sediaan pada Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Hasil uji menunjukan bahwa ektrak kulit nanas yang diaplikasikan sebagai hand sanitizer pada konsentrasi 0.5%, 1% dan 1,5% dapat menghambat atau membunuh bakteri dengan sangat baik, namun yang paling optimum menghambat bakteri adalah pada konsentrasi ekstrak kulit nanas 1,5% yang menghasilkan zona hambat sebesar 15 mm pada Escherichia coli dan 15,5 mm pada Staphylococcus aureus. Sedangkan hasil uji kualitas sediaan, semua formula hand sanitizer dinyatakan lolos mutu fisiknya sesuai standar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kulit nanas; hand sanitizer; antibakteri;
Subjects: Q Science > QD Chemistry > Extraction
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 15:03
Last Modified: 24 Oct 2017 15:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26920

Actions (login required)

View Item View Item