SINTESIS DAN KARAKTERISASI PLASTIK BIODEGRADABLE DARI CAMPURAN GLUKOMANAN PORANG (Amorphophallus oncophillus Pr.) DAN PATI SINGKONG (Manihot esculenta) DENGAN PLASTICIZER GLISEROL


Muhammad Abdurrozaq , 4311411037 (2016) SINTESIS DAN KARAKTERISASI PLASTIK BIODEGRADABLE DARI CAMPURAN GLUKOMANAN PORANG (Amorphophallus oncophillus Pr.) DAN PATI SINGKONG (Manihot esculenta) DENGAN PLASTICIZER GLISEROL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311411037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan plastik sintetis sebagai bahan pengemas menimbulkan persoalan karena tidak dapat diuraikan secara alami oleh mikroorganisme yang berakibat pada pencemaran dan kerusakan lingkungan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang plastik yang dapat diuraikan secara alami supaya dapat menggantikan plastik sintetik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi terbaik plastik biodegradable dari campuran glukomanan porang dan pati singkong dengan plasticizer gliserol serta mengetahui karakteristiknya. Penelitian ini dimulai dengan ekstraksi glukomanan porang secara kimiawi menggunakan garam dapur 10% dan etanol 50% yang dilanjutkan dengan proses pembuatan plastik biodegradable dengan metode pencetakan dan penguapan pelarut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penambahan glukomanan dapat meningkatkan nilai kekuatan tarik, namun menurunkan persen pemanjangan. Penambahan gliserol 25% dapat meningkatkan nilai kuat tarik, persen pemanjangan dan degradabillitas. Hasil FTIR pada masing-masing sampel menunjukkan adanya gugus C-O ester dan C=O karbonil yang menandakan plastik bersifat biodegradable. Hasil XRD sampel dengan formulasi 30% glukomanan, 70% pati dan 25% gliserol menunjukkan bahwa sampel tersebut berada pada fase paling amorf dibandingkan dengan sampel lain yang berarti memiliki kekuatan yang paling tinggi. Formulasi terbaik dari penelitian ini adalah campuran 30% glukomanan, 70% pati dan 25% gliserol. Sampel tersebut memiliki nilai kekuatan tarik sebesar 9,3 MPa, persen pemanjangan 44,68%, penyerapan air 136,73% dan waktu terdegradasi 20 hari, 11 jam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gliserol, glukomanan, lingkungan, pati dan plastik biodegradable.
Subjects: Q Science > QD Chemistry > Shynthesis
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 12:51
Last Modified: 24 Oct 2017 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26913

Actions (login required)

View Item View Item