PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA SE -KABUPATEN PEMALANG MELALUI MOTIVASI KERJA


Sri Pujiastuti, 0701515023 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA SE -KABUPATEN PEMALANG MELALUI MOTIVASI KERJA. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru merupakan keberhasilan yang akan dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai guru dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Data dari dinas pendidikan kabupaten Pemalang hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 guru mata pelajaran ekonomi SMA diperoleh nilai rata-rata UKG 73,10. Nilai rata-rata uji kompetensi profesional 75,79 dan nilai rata-tata uji pedagogik 66,84. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh positif dan signifikan (1) kompetensi profesional terhadap kinerja guru ekonomi (2) kompetensi profesional terhadap kinerja guru ekonomi melalui motivasi kerja.(3) lingkungan kerja terhadap kinerja guru ekonomi (4) lingkungan kerja terhadap kinerja guru ekonomi melalui motivasi kerja (5) motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi seluruh guru ekonomi SMA se-kabupaten Pemalang berjumlah 40 orang. Sampel menggunakan teknik nonprobability sampling diambil dari seluruh populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis phat dengan menggunakan SPSS windows version 24. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan kompetensi profesional dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 84,12%. Lingkungan kerja dalam kategori baik dengan rata-rata 83,44%, motivasi kerja dalam kategori baik dengan rata-rata 83,5%, dan kinerja guru ekonomi dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 84,1%. Hasil analisis phat menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan (1) kompetensi profesional terhadap kinerja guru ekonomi sebesar 3,17%, (2) kompetensi profesional terhadap kinerja guru ekonomi melalui motivasi kerja sebesar 13,34%, (3) lingkungan kerja terhadap kinerja guru ekonomi sebesar 17%, lingkungan kerja terhadap kinerja guru ekonomi melalui motivasi kerja sebesar 53,5%, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi sebesar 23,2%. Simpulan dalam penelitian ini adalah semakin baik kompetensi profesional, lingkungan kerja dan motivasi kerja tinggi maka kinerja guru ekonomi akan semakin baik. Disarankan guru diberikan kesempatan mengikuti diklat, seminar, lokakarya atau sejenisnya supaya motivasi kerja guru meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 24 Oct 2017 12:41
Last Modified: 24 Oct 2017 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26911

Actions (login required)

View Item View Item