Kesantunan Tuturan Siswa SMP Kebon Dalem Semarang


Maria Ety Kurnia Santi, 2002512007 (2017) Kesantunan Tuturan Siswa SMP Kebon Dalem Semarang. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (849kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Keterampilan berbahasa tersebut sudah menjadi bagian yang penting bagi setiap orang agar dapat mengemukakan pikiran dan perasaannya secara baik dan menyeluruh. Selain itu, ciri keterpelajaran seseorang terlihat dan ditandai oleh kecermatan, ketepatan dan kesanggupan menyatakan isi pikiran secara ekplisit maupun implisit melalui bahasa. Ciri keterpelajaran seseorang terlihat juga dalam kesantunan berbahasa. Masalah-masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) apa saja jenis tindak tutur siswa SMP KD Semarang, (2) bagaimanakah pematuhan prinsip kesantunan tuturan siswa SMP KD Semarang, (3) bagaimanakah pelanggaran prinsip kesantunan tuturan siswa SMP KD Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, metode formal dan informal. Data penelitian ini berupa penggalan wacana tuturan antara siswa kepada guru di dalam kelas, antarsiswa di dalam kelas, dan antarsiswa diluar kelas. Metode pengumpulan data adalah metode simak. Metode analisis data menggunakan metode normatif dan metode padan pragmatis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis-jenis tuturan siswa SMP KD Semarang adalah tuturan representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan isbati, (2) bidal-bidal yang dipatuhi adalah ketimbangrasaan, kemurahhatian, keperkenanan, kerendahhatian, kesetujuan dan kesimpatian, (3) bidal-bidal yang dilanggar adalah ketimbangrasaan, kemurahhatian, keperkenanan, kesetujuan, kerendahhatian dan kesimpatian. Simpulan penelitian ini adalah tuturan siswa SMP KD Semarang di dalam kelas maupun di luar kelas banyak yang melanggar prinsip-prinsip kesantunan. Kepa- da peneliti lain, disarankan untuk lebih mencermati proses pelanggarannya, sebab-sebab pelanggaran itu terjadi, implikasi pragmatisnya, dan menciptakan program santun berbahasa yang diharapkan dapat meminimalisasi pelanggaran tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 24 Oct 2017 12:30
Last Modified: 24 Oct 2017 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item View Item