APLIKASI HOT POTATOES BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI ALAT EVALUASI HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMBELAJARAN KIMIA MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMAN 12 SEMARANG


Dita Novia Sari , 4301412117 (2016) APLIKASI HOT POTATOES BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI ALAT EVALUASI HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMBELAJARAN KIMIA MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMAN 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412117.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar kognitif siswa adalah kurangnya latihan soal dan evaluasi. Evaluasi termasuk dalam komponen pembelajaran yang dibutuhkan dalam pendidikan. Guru jarang melakukan evaluasi di setiap akhir materi yang diajarkan dengan alasan kurangnya waktu untuk menyampaikan materi sampai selesai, sehingga mereka seringkali melewatkan proses evaluasi. Adanya inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa adalah usaha untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil belajar kognitif siswa yang rendah terjadi pada banyak mata pelajaran, temasuk kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh evaluasi dengan aplikasi Hot Potatoes berbasis multimedia dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi redoks di SMA N 12 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian yang dilakukan tergolong sebagai penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah postest control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah soal tes berbentuk multiple choice, observasi, dokumentasi, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji t-test pada hasil belajar kognitif diperoleh harga t hitung sebesar 4,134 lebih dari 2,648 dengan taraf signifikansi 5%, dan dk 70, hal ini berarti rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol. Perhitungan menghasilkan koefisien determinasi (KD) sebesar 0,09 %. Persentase skor rata-rata data angket adalah 84,79 % yang tergolong kriteria baik dan untuk rata-rata tiap pernyataan 3,39 termasuk kriteria tinggi. Realibilitas angket siswa sebesar 0,8336 termasuk realibilitas tinggi. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh evaluasi dengan aplikasi Hot Potatoes berbasis multimedia terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi redoks di SMA N 12 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Hasil Belajar Kognitif; Hot Potatoes
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 18:36
Last Modified: 23 Oct 2017 18:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26899

Actions (login required)

View Item View Item