PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA


Melia Handayani , 4301412115 (2016) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412115.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Research and Development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum kimia berbasis Problem Based Learning dalam peningkatan keterampilan proses sains dasar siswa materi hidrolisis garam. Metode penelitian ini dimulai dari potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji skala terbatas, revisi produk, uji skala luas, revisi produk, produk final. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas petunjuk praktikum kimia oleh dosen pakar adalah 81% untuk aspek materi dan bahasa serta 85,5% untuk aspek penyajian dan kegrafisan. Uji skala terbatas dilakukan pada 12 siswa, hasil uji coba skala terbatas menunjukkan siswa memberi tanggapan positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Uji skala luas dilakukan pada siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Dari uji skala luas didapat nilai pretest dan posttest siswa diperoleh hasil uji normalitas Gain adalah 0.648082 dan 0.54575 dengan kriteria sedang. Tanggapan guru dan siswa terhadap buku petunjuk praktikum adalah layak digunakan sebagai panduan praktikum. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains dasar siswa dan mendapat tanggapan positif dari guru dan siswa sebagai pengguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains; Petunjuk Praktikum Kimia; Problem Based Learning
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 18:29
Last Modified: 23 Oct 2017 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26898

Actions (login required)

View Item View Item