PENGEMBANGAN VIDEO FLASH BERMAKNA PADA MATERI KOLOID UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 6 SEMARANG


Nurlita Fajar Fitriana , 4301412113 (2016) PENGEMBANGAN VIDEO FLASH BERMAKNA PADA MATERI KOLOID UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412113.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merujuk pada masalah yang ada di SMAN 6 Semarang. Masalah tersebut antara lain pembelajaran menggunakan metode ceramah, hasil belajar kimia materi koloid rendah, dan pemanfaatan media pembelajaran yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia dalam bentuk audio visual yaitu video flash untuk mencapai ketuntasan kompetensi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah dan tujuan penelitian disusun hipotesis penelitian pengembangan yaitu: pengembangan video flash materi koloid layak diterapkan sebagai media pembelajaran; pengembangan video flash materi koloid dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa SMAN 6 Semarang; pengembangan video flash materi koloid mendapat tanggapan baik oleh guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan Research And Development (Penelitian Pengembangan). Model pengembangan yang menjadi acuan adalah model prosedural Borg and Gall, yaitu model deskriptif yang menggambarkan alur atau langkah model prosedural yang harus diikuti untuk menghasilkan produk tertentu. Fokus penelitian ini pada pengembangan media pembelajaran video flash. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil validasi ahli media dan materi, hasil uji coba aspek kognitif, hasil observasi aspek afektif dan psikomotori serta hasil angket dari tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian yaitu; validasi ahli media dan materi memperoleh kriteria sangat layak dengan presentase masing-masing 94,4% dan 82%; hasil uji coba kognitif sebesar 88,89% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, hasil observasi aspek afektif sebesar 27,78% siswa dengan kriteria baik dan 72,22% siswa dengan kriteria sangat baik; hasil uji coba psikomotorik sebesar 75% siswa dengan kriteria baik dan 25% siswa dengan kriteria sangat baik; hasil angket respon guru terhadap video flash sangat baik; hasil angket respon siswa terhadap video flash sebanyak 66,67% siswa memberi respon baik dan sebanyak 30,56% siswa memberi respon sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran serta mendapat tanggapan positif dari pengguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video Flash; Bermakna; Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 18:26
Last Modified: 23 Oct 2017 18:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26897

Actions (login required)

View Item View Item