PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN KIMIA BERPENDEKATAN SETS


Unggul Robik Birrian Wijaya , 4301412112 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN KIMIA BERPENDEKATAN SETS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas, reliabilitas, dan keefektifan instrumen penilaian berpikir kritis pada pembelajaran kimia berpendekatan SETS di MAN 1 Kabupaten Magelang. Pendekatan SETS yang digunakan mencakup bahwa segala sesuatu yang kita hadapi mengandung aspek science, environment, technology, and society dan mengaitkannya melalui pembelajaran terintegrasi kompentensi spiritual siswa dan berfokus pada kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan dokumentasi. Hasil uji validitas butir soal memenuhi kriteria valid sebanyak 17 soal dan memiliki kriteria valid berdasarkan empat pakar dengan reliabilitas instrumen penilaian memenuhi kriteria reliabel. Tingkat kesukaran soal memenuhi kriteria sedang dan sukar dengan daya beda soal yaitu baik. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis adalah 11%. Keefektifan instrumen diperoleh dari nilai post-test siswa, menunjukan bahwa instrumen efektif menggali kemampuan berpikir kritis secara objektif dan dapat membedakan kemampuan berpikir kritis siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah instrumen penilaian berpikir kritis berpendekatan SETS efektif mengukur kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Kemampuan Berpikir Kritis, SETS
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 18:22
Last Modified: 23 Oct 2017 18:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26896

Actions (login required)

View Item View Item