PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SYAIR LAGU ANAK BERBASIS TEMA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI GUGUS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CUT NYAK DIEN


Umi Fahridatun, 0103514041 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SYAIR LAGU ANAK BERBASIS TEMA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI GUGUS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CUT NYAK DIEN. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Syair lagu anak berbasis tema dalam pembelajaran anak usia dini dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam menambah referensi syair lagu anak pada guru untuk dipergunakan saat pembelajaran berbasis tema pada anak usia dini. peneliti akan meneliti tentang pembelajaran berbasis tema, syair lagu anak. Desain penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran oleh guru TK kelompok A. (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis desain bahan ajar syair lagu anak berbasis tema pada pembelajaran di TK kelompok A. (3) Untuk menguji dan mengalisis kevalidan bahan ajar syair lagu anak berbasis tema pada pembelajaran di TK kelompok A. (4) Untuk menguji dan mengalisis keefektifan bahan ajar syair lagu anak berbasis tema pada pembelajaran di TK kelompok A. populasi penelitian adalah seluruh guru kelompok A Gugus PAUD Cut Nyak Dien sebanyak 16 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi. Hasil keefektifan menggunakan uji wilcoxon dapat dilihat pada rata-rata hasil pretest menuju posttest pada kelompok eksperimen. Hasil taraf signifikan bernilai 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 dan dinyatakan Ho ditolak. Ho berbunyi tidak ada perbedaan antara pretest dan posttest sehingga hasilnya adalah adanya perbedaan. Sehingga Ha yang diterima berbunyi ada perbedaan antara pretest dan posttest. Simpulan penelitian ini adalah: (1) karakteristik bahan ajar syair lagu anak berbasis tema yang digunakan dalam pembelajaran oleh guru TK A terdapat 3 tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi bahan ajar syair lagu berbasis tema. (2) pengembangan produk bahan ajar syair lagu anak berbasis tema dalam pembelajaran anak usia dini meliputi: tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain produk, tahap ujicoba produk, tahap final produk. (3) bahan ajar syair lagu anak berbasis tema dalam pembelajaran anak usia dini yang dikembangkan peneliti dinyatakan valid. (4) bahan ajar syair lagu anak berbasis tema dalam pembelajaran anak usia dini yang dikembangkan peneliti dinyatakan efektif karena terdapat peningkatan dari pretest menuju posttest. Disarankan dilakukan penelitian lanjutan untuk mengembangkan syair lagu anak berbasis tema.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 23 Oct 2017 13:34
Last Modified: 23 Oct 2017 13:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26895

Actions (login required)

View Item View Item