PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA


Ade Nurhidayaturrohmah, 0103514059 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (524kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa terhadap materi Cahaya yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Karangdawa 02 tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan probabilitas sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda, dan lembar observasi sikap ilmiah. Data dianalisis dengan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan skor rata-rata sikap ilmiah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan skor 86 pada kelas eksperimen dan skor rata-rata 74 pada keals kontrol. (2) terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, yaitu rata-rata 78,45 pada kelas eksperimen dan 72,93 pada kelas kontrol. (3) hasil uji-t menunjukkan angka signifikansi 0,037 dengan taraf signifikansi < 0,05 (0,037<0,05), maka Ho diterima. Dari hasil uji-t daoat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar kognitif siswa pada kelas yang menggunakan inkuiri terbimbing disbanding kelas yang tidak menggunakan inkuiri terbimbing. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing mempengaruhi sikap ilmiah siswa dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk perlunya memberikan penjelasan kepada siswa tentang tahapan pelaksanaan dan pengisian lembar kerja dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 23 Oct 2017 13:28
Last Modified: 23 Oct 2017 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26893

Actions (login required)

View Item View Item