PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS PROYEK TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID


Devia One Saputri , 4301412108 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS PROYEK TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh serta seberapa besar pengaruh pembelajaran dengan pendekatan CTL berbasis proyek terhadap literasi sains siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IA MAN 1 Kota Magelang semester genap. Desain yang digunakan yaitu adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, tes, dan angket. Data hasil penelitian hipotesis dihitung secara kuantitatif dengan besar pengaruh menggunakan rumus koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Data hasil penelitian angket tanggapan siswa dan sikap siswa terhadap sains dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukan literasi sains siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, sehingga pembelajaran dengan pendekatan CTL berbasis proyek memberikan pengaruh terhadap literasi sains siswa. Besarnya pengaruh pembelajan terhadap literasi sains siswa sebesar 60,5 %. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL memberikan pengaruh terhadap literasi sains siswa karena pada pembelajaran tersebut memiliki kelebihan yang menyediakan pengalaman belajar yang melibatkan siswa secara kompleks. Siswa dalam pembelajaran dirancang untuk berkembang sesuai dunia nyata, siswa juga dituntut untuk mengorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning; Literasi Sains; Proyek
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 13:12
Last Modified: 23 Oct 2017 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26891

Actions (login required)

View Item View Item