PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BRILLIANT CHEMIST BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI ASAM-BASA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA


Ahmad Afif Ridwan , 4301412106 (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BRILLIANT CHEMIST BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI ASAM-BASA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412106.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia dengan format multimedia Brilliant Chemist berbasis inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, mengukur tingkat kelayakan dan keefektifannya, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaannya pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) model 3D. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil validasi ahli media dan materi, tanggapan siswa pada uji coba skala kecil, hasil pretest dan posttest siswa, hasil observasi aspek afektif dan aktivitas siswa serta tanggapan siswa pada uji coba skala besar. Hasil validasi ahli media dan materi memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase masing-masing 84,09% dan 86,11%. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan bahwa siswa memberi tanggapan positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penilaian aspek afektif dan aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,65 dengan kriteria sedang. Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media pembelajaran ini. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran serta mendapat tanggapan positif dari pengguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan Hasil Belajar, Brilliant Chemist, Inkuiri Terbimbing.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 12:50
Last Modified: 23 Oct 2017 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26890

Actions (login required)

View Item View Item