STANDARISASI SARANA DAN PRASARANA OBJEK WISATA ARUNG JERAM RAINBOW RAFTING DI DESA KECEPIT, KECAMATAN RANDUDONGKAL, KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2016


NASTAIN , 6101411120 (2016) STANDARISASI SARANA DAN PRASARANA OBJEK WISATA ARUNG JERAM RAINBOW RAFTING DI DESA KECEPIT, KECAMATAN RANDUDONGKAL, KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Para pelaku bisnis olahraga rekreasi sudah waktunya lebih memperhatikan standar usaha wisata arung jeram agar tercipta rasa aman dan nyaman bagi para pengunjungnya. Dalam penelitian ini permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimana standarisasi sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sebuah objek wisata arung jeram? Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui standar sarana dan prasarana yang dimiliki objek wisata arung jeram Rainbow Rafting di Desa Kecepit, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang tahun 2016. Prosedur dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Sarana dan Prasarana pada Objek Wisata Arung Jeram Rainbow Rafting di Desa Kecepit, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang, sedangkan subjek penelitian yang diamati adalah direktur utama Rainbow Rafting. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana disana banyak yang sudah sesuai standard dan banyak wisatawan dari luar kota yang berkunjung kesana, namun ada beberapa juga sarana dan prasarana yang harus dibenahi dan dilengkapi guna menambah tingkat kenyamanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar sarana dan prasarana yang terdapat di Rainbow Rafting sudah sesuai standar terbukti dengan 37 indikator yang diteliti ada 28 indikator yang sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia nomor 13 tahun 2014 tentang Standar Usaha Wisata Arung Jeram, sedangkan 6 indikator lainnya belum sesuai standar dan 3 indikator lainnya belum tersedia didalamnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Standarisasi, Sarana dan Prasarana, Arung Jeram.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 19:23
Last Modified: 20 Oct 2017 19:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26883

Actions (login required)

View Item View Item