SURVEI PROSES PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DI SD YPK WAAN KAMPUNG WAAN DISTRIK MUTING KABUPATEN MERAUKE PROVINSI PAPUA TAHUN 2014/2015


Faatih Rijalul Haq , 6101411108 (2015) SURVEI PROSES PEMBELAJARAN SEPAKBOLA DI SD YPK WAAN KAMPUNG WAAN DISTRIK MUTING KABUPATEN MERAUKE PROVINSI PAPUA TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran sepakbola di sekolah dasar di pedalaman Papua yang berjalan belum sesuai dengan kenyataan, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurang maksimalnya peran guru Penjas dalam pembelajaran, letak geografis yang sulit dijangkau serta lingkungan pendidikan daerah pesisir rawa. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Proses Pembelajaran Sepakbola di SD YPK Waan Kampung Waan Distrik Muting Kabupaten Merauke Provinsi Papua Tahun 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Proses Pembelajaran Sepakbola di SD YPK Waan Kampung Waan Distrik Muting Kabupaten Merauke Provinsi Papua Tahun 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yaitu SD YPK Waan Kampung Waan Distrik Muting Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru penjasorkes, siswa dan tiga orang masyarakat kampung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dengan sumber. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran sepakbola dilihat dari hasil wawancara terhadap kepala sekolah, guru penjasorkes, siswa dan masyarakat yang mempengaruhi proses pembelajaran sepakbola di SD YPK Waan adalah lingkungan pendidikan yang tergantung dengan kedaan alam dan masih kental dengan budaya leluhur, sarana prasarana yang kurang lengkap, letak geografis yang sangat jauh dari kota dan sulit dijangkau, serta proses belajar mengajar yang kurang di dukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Proses Pembelajaran Sepakbola di SD YPK Waan Kampung Waan Distrik Muting Kabupaten Merauke Provinsi Papua Tahun 2014/2015 secara keseluruhan termasuk dalam kategori kurang baik. Saran yang diberikan yaitu dari segi perekrutan seorang guru yang akan ditugaskan di daerah pedalaman haruslah sangat ketat dan tidak asal-asalan, penambahan sarana dan prasarana sekolah, penyuluhan kurikulum terhadap guru, serta monitoring dan evaluasi oleh Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke terhadap setiap sekolah terutama di pedalaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, Proses Pembelajaran, Sepakbola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 19:03
Last Modified: 20 Oct 2017 19:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26881

Actions (login required)

View Item View Item